Coklat Tingkatkan Risiko Kanker Usus

Coklat Tingkatkan Risiko Kanker Usus

REINHA.com – Daging merah selama ini dianggap sebagai penyebab tertinggi meningkatnya risiko seseorang terserang kanker usus. Namun Roger Leicester, seorang dokter spesialis bedah kolorektal yang juga merupakan Direktur Endoskopi di Rumah Sakit St. George dan direktur Program Skining Kanker Usus SW London, berpendapat risiko lebih tinggi disebabkan oleh coklat.

Seperti dilansir Dailymail, 22 Oktober 2015, sejumlah badan amal kesehatan dan beberapa ahli gizi mengatakan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak daging merah dapat menyebabkan kanker usus. Departemen kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi daging merah tidak lebih dari 70 gram per hari, namun Roger berpendapat lain.

Roger secara teratur mengkonsumsi daging merah. Menurutnya tidak ada bukti bahwa mengkonsumsi daging merah memang dapat meningkatkan risiko kanker usus. Ia berpendapat penyebab sesungguhnya adalah konsumsi gula yang tinggi, terutama yang terkandung dalam kudapan manis seperti coklat.

“Berkonsentrasi pada daging berarti kita mengabaikan faktor-faktor lain yang meningkatkan risiko kanker usus, seperti makanan tinggi gula dan lemak jenuh. Coklat yang tinggi kandungan gula dan lemak lebih mungkin menyebabkan kanker usus” ucap Roger. (rsn-reinha)