Ditemukan Fosil Janin Kuda Berusia 48 Juta Tahun

Ditemukan Fosil Janin Kuda Berusia 48 Juta Tahun

REINHA.com – Para peneliti baru-baru ini telah menemukan fosil seekor hewan purba yang mirip dengan kuda di sebuah lokasi bekas penambangan di Darmstadt, Jerman. Yang mengejutkan di dalam di antara tulang belulang hewan tersebut, di bagian rahim, terdapat fosil yang masih berupa janin.

Fosil berusia 48 juta tahun itu diyakini merupakan sisa-sisa dari spesies yang merupakan nenek moyang kuda, yang dikenal dengan Eurohippus Messelensism. Kuda purba betina itu sedang dalam keadaan hamil ketika ia meninggal.

Seperti dilansir Dailymail, 7 Oktober 2015, para peneliti mengungkapkan bahwa merupakan hal yang sangat luar biasa karena tubuh fosil masih dalam kondisi terawat dengan baik, bahkan janin belum hancur. Tidak hanya janin, beberapa jaringan di rahim dan plasenta masih utuh. Karena itu para peneliti mampu menyusun kerangka tanpa banyak kesulitan.

Ditemukan Fosil Janin Kuda Berusia 48 Juta Tahun

Menurut Dr Jens Franzen yang ikut dalam penelitian, rahim dan plasenta hewan tersebut sangat mirip dengan kuda modern. Hal ini menunjukkan bahwa bagian tubuh dari hewan tersebut berevolusi setelah jutaan tahun.

Penemuan tersebut tercatat sebagai fosil janin tertua yang pernah ditemukan dan dengan kondisi pengawetan yang sangat baik. Juga dianggap sebagai fosil nenek moyang kuda yang paling mirip dengan kuda modern. Fosil tersebut terawat baik akibat percikan minyak dari lokasi penambangan tersebut. (rsn-reinha)