Facebook Siapkan Perangkat Untuk Tunanetra

Facebook Siapkan Perangkat Untuk Tunanetra

REINHA.com – Bagi para penyandang tunanetra sangat mustahil untuk menggunakan media sosial layaknya orang-orang normal. Namun kini Facebook akan membuka kesempatan itu, dengan mempersiapkan perangkat untuk membantu penyandang tunanetra agar dapat melihat gambar di Facebook.

Seperti dilansir Mirror, 16 Oktober 2015, hambatan aksesibilitas membuat orang-orang dengan gangguan pengelihatan kehilangan kesempatan untuk melihat gambar. Namun dengan kemajuan teknologi, mereka akan dapat merasakan pengalaman yang sama dengan mereka yang memiliki penglihatan normal.

Pemimpin tim aksesibilitas Facebook, Jeff Wieland, berencana untuk menawarkan perangkat kepada 1,5 miliar pengguna Facebook. Perangkat baru yang berupa aplikasi built-in akan menjelaskan gambar secara singkat bagi mereka yang tidak bisa melihat. (Baca juga: Facebook Hadirkan Fitur Untuk Melupakan Mantan)

Matt King, seorang engineer tunanetra yang bekerja di Facebook mengatakan bahwa, seseorang bisa saja menyampaikan kepada teman yang memiliki gangguan penglihatan, tentang berapa banyak jumlah view, berapa banyak komentar dan like. Tapi mereka tidak akan benar-benar mengatakan kepada teman dengan gangguan penglihatan, tentang apa yang sesungguhnya terlihat di foto.

Dari sanalah software ini datang. Perangkat ini akan menjelaskan gambar dalam beberapa kata, misalnya orang, pemandangan, bangunan dan sebagainya. Misalnya gambar pantai saat matahari terbenam, akan ada pendelasan secara lisan yang mengatakan tentang “Alam, luar ruangan, dedaunan, rumput, dan pohon. Dengan begitu akan dapat memberikan gagasan tentang apa yang ada di sana, tanpa mengalami kesulitan. (rsn-reinha)