Ilmuwan Ciptakan Obat AIDS Dari Buah Pisang

Ilmuwan Ciptakan Obat AIDS Dari Buah Pisang

REINHA.com – Tim ilmuwan dari University of Michigan, Amerika Serikat, telah berhasil menciptakan obat untuk virus-virus mematikan seperti virus hepatitis C, Ebola, bahkan AIDS. Yang mengejutkan mereka menggunakan bahan utama berupa protein yang terkandung di dalam buah pisang.

Protein yang terkandung di dalam buah pisang yang disebut lektin pisang atau ‘BanLec’ pertama kali ditemukan lima tahun yang lalu. BanLec bekerja dengan menempel pada molekul gula yang berada di permukaan virus.

Setelah BanLec mengunci virus, virus menjadi tidak berbahaya dan dapat dengan mudah dibuang oleh sistem kekebalan tubuh. Walaupun BanLec dalam pisang ini dikatakan sangat ajaib, namun para ilmuwan mengatakan banyak mengkonsumsi pisang tidak memiliki efek menyembuhkan untuk virus apapun.

Melalui uji coba terhadap tikus laboratorium, BanLec sudah terbukti mampu mematikan virus-virus seperti influenza dan hepatitis C. BanLec juga dipercaya akan mampu memberantas virus Ebola dan dianggap sebagai pengobatan yang potensial untuk mematikan virus AIDS.

Dr David Markovitz, profesor kedokteran di University of Michigan mengatakan bahwa obat yang mereka kembangkan membuka potensi untuk BanLec agar dapat berkembang menjadi anti spektrum yang luas. Sesuatu yang saat ini belum tersedia secara klinis untuk dokter dan pasien.

Namun masih diperlukan beberapa tahun untuk penelitian sebelum BanLec siap diuji pada manusia.
Meskipun demikian, Dr Markovitz berharap kerja tim dapat membantu mengatasi kekurangan obat antivirus yang bekerja dengan baik melawan banyak virus, atau melawan virus yang berubah dengan cepat, seperti influenza. (rsn-reinha)