Pedang Viking Berusia 1.200 Tahun Tergeletak Di Jalan

Pedang Viking Berusia 1.200 Tahun Tergeletak Di Jalan

REINHA.com – Sebuah pedang kuno milik bangsa Viking ditemukan di lokasi yang tidak terduga di Norwegia. Pedang yang diperkirakan berusia 1.200 tahun itu, tergeletak di pinggir jalan di kota Haukeli, Norwegia Selatan.

Goran Olsen, seorang pejalan kaki yang berjalan di sebuah rute lama di Haukeli, tanpa sengaja menemukan sebuah pedang kuno yang berasal dari zaman Viking. Meski sudah lebih dari 1.200 tahun, pedang dengan panjang 77 cm itu dalam kondisi yang sangat baik dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Seperti dilansir Dailymail, 22 Oktober 2015, Goren kemudian menyerahkan pedang itu ke Jostein Aksdal, seorang arkeolog lokal yang bekerja untuk Hordaland County Council. Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan, Jostein meyakini bahwa pedang itu berasal dari antara tahun 750 hingga tahun 800.

“Sangat tidak biasa untuk menemukan pedang semacam ini di masa sekarang. Itu senjata mahal, dan pemiliknya menggunakan itu untuk menunjukkan kekuatan” ucap Jostein.

Tidak diketahui lebih jelas bagaimana pedang itu bisa tergeletak di sisi jalan. Namun tim arkeolog yang dipimpin oleh Jostein, akan melakukan pencarian lebih lanjut dengan menggali daerah tersebut saat musim semi dan salju mulai dibersihkan. (rsn-reinha)