Selena Gomez Terserang Penyakit Lupus

Selena Gomez Terserang Penyakit Lupus

REINHA.com – Selena Gomez, penyanyi pop dan aktris asal Amerika Serikat, baru-baru ini mengungkapkan kepada media bahwa dirinya positif didiagnosis terserang penyakit lupus. Gadis berusia 23 tahun itu kini sedang menjalani kemoterapi sebagai pencegahan agar kondisinya tidak memburuk.

“Dengan sangat berat hati saya mengatakan bahwa saya menderita penyakit lupus, dan saat ini saya sedang menjalani kemoterapi” ucap Selena kepada majalah Billboard, seperti dilansir BBC, 8 Oktober 2015.

Selena juga mengatakan bahwa untuk sementara ini ia memutuskan untuk mengistirahatkan dirinya dari dunia hiburan. Sampai dia mendapatkan kepercayaan dirinya kembali dan merasa nyaman untuk kembali ke dunia hiburan.

“Saya telah bekerja sejak saya berusia 7 tahun. Saya sudah menjadi duta Unicef sejak saya berusia 17 tahun. Ini sangat mengecewakan bahwa kini saya menjadi cerita di tabloid” ucap Selena, mengungkapkan kekecewaan akan penyakitnya.

Lupus adalah penyakit autoimun kronis di mana sistem kekebalan tubuh menjadi hiperaktif dan menyerang jaringan normal. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal, jantung, otak, tulang belakang, dan jaringan paru-paru.

Penyakit ini dapat mempengaruhi hampir setiap sistem dalam tubuh, tetapi penyebab pasti dari penyakit ini tidak diketahui secara pasti. Gejalanya bisa berupa demam, ruam ‘kupu-kupu’ pada wajah, rambut rontok, kelelahan dan nyeri sendi.

Hingga saat ini belum ada pengobatan yang tepat untuk menyembuhkan penderita dari lupus. Perkembangan buruk penyakit ini hanya bisa ditekan dengan obat-obatan dan kemoterapi. (rsn-reinha)