Terkena Radiasi, Bayi Lahir Dengan Satu Mata

Terkena Radiasi, Bayi Lahir Dengan Satu Mata

REINHA.com – Seorang bayi laki-laki lahir di El Senbellawein, Mesir, dengan kondisi yang sangat mengerikan. Kulitnya kasar dan terlihat keras seperti patung batu, dan ia hanya memiliki satu mata di tengah wajahnya. Kelainan ini diduga akibat paparan radiasi yang diterima ibunya selama mengandung.

Seperti dilansir Dailymail, 6 Oktober 2015, bayi tersebut lahir di sebuah rumah sakit swasta di El Senbellawein. Di wajahnya hanya ada satu mata dan satu mulut, dan tidak ada hidung di tempat yang seharusnya terdapat hidung. Dokter mengatakan bahwa anak yang baru lahir ini menderita cyclopia.

Cyclopia merupakan salah satu kondisi medis paling langka dari cacat lahir. Kondisi ini disebut juga dengan ‘raksasa bermata satu’ dari mitologi Yunani. Bayi-bayi yang lahir dengan kondisi ini biasanya tidak akan bertahan hidup lama setelah dilahirkan, karena bayi dengan kondisi ini juga memiliki cacat berat lainnya, termasuk kerusakan hati yang parah.

Menurut laporan dari Saudi Arabian situs berita slaati.com, dokter berpikir deformitas ini bisa jadi merupakan hasil dari kombinasi obat-obatan yang dikonsumsi oleh ibu atau dari paparan radiasi selama masa kehamilan.

Dr Ahmed Badruddin, yang mengawasi kondisi bayi di rumah sakit, mengatakan bahwa bayi ini juga terlahir dengan cacat lain pada tubuhnya. Bayi malang itu diperkirakan hanya akan bertahan hidup selama beberapa hari. (rsn-reinha)