Terlalu Banyak Garam Dapat Timbulkan Efek Mabuk

Terlalu Banyak Garam Dapat Timbulkan Efek Mabuk

REINHA.com – Kepala terasa berat dan berdenyut-denyut, mulut dan mata terasa kering, jari-jari menebal dan perut kembung. Hal itu biasanya merupakan efek terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol. Tapi para ahli mengatakan, efek yang sama dapat disebabkan oleh hal yang sangat sederhana, yaitu terlalu banyak mengkonsumsi garam.

Lynda Lim, 64 tahun, seorang wanita yang berprofesi sebagai aktris mengaku mengalami efek mabuk setidaknya satu kali dalam satu minggu. Lynda bukan orang yang gemar meminum minuman beralkohol. Dan dokternya mengatakan bahwa ia bukan mabuk karena alkohol, melainkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi garam.

Para ahli mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak garam di malam sebelumnya, dapat menyebabkan seseorang mengalami beberapa gejala mabuk. Hal ini terjadi karena garam dan alkohol sama-sama membuat tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Anthony Heagerty, seorang profesor spesialis jantung di Institut Ilmu Kardiovaskular, Universitas Manchester, Inggris, memiliki penjelasan sederhana tentang efek mabuk setelah mengkonsumsi banyak garam.

“Makanan tinggi garam mengandung natrium yang tinggi yang akan mengalir dalam darah Anda, dan membuat tubuh seolah-olah mengalami dehidrasi. Hormon-hormon akan bekerja untuk mengambil cairan lain dari bagian tubuh untuk mencairkan natrium dalam aliran darah”

“Akan terjadi kebocoran cairan di dalam tubuh. Saat itulah Anda akan merasa kembung, gemetar, sakit kepala, dan efek dehidrasi lainnya yang mirip mabuk alkohol” ucap Heargerty, seperti dilansir Dailymail, 26 Oktober 2015.

Tidak hanya efek jangka pendek, banyak mengkonsumsi garam dalam jangka panjang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, sakit jantung dan stroke. Karena itu para ahli menyarankan untuk mengurangi konsumsi garam untuk hidup yang lebih sehat dan kesempatan hidup yang lebih panjang. (rsn-reinha)