Terowongan Penyelundupan Narkoba Ditemukan Di Meksiko

Terowongan Penyelundupan Narkoba Ditemukan Di Meksiko

REINHA.com – Terowongan bawah tanah sepanjang 800 meter ditemukan di antara Meksiko dan Amerika Serikat. Terowongan rahasia ini digunakan untuk menyelundupkan obat-obatan terlarang dan terhubung langsung dengan gudang penyimpanan di San Diego, Amerika Serikat, dan Tijuana, Meksiko.

Terowongan ini merupakan salah satu terowongan terpanjang yang pernah dibuat untuk menghubungakan antara Meksiko dan Amerika Serikat. Dilengkapi dengan pencahayaan, ventilasi dan jalur kereta api.

Seperti dilansir Sky News, 23 Oktober 2015, terowongan tersebut ditemukan oleh pihak berwajib hari Rabu yang lalu. Di terowongan tersebut juga ditemukan 12 ton ganja, yang kemudian disita oleh kepolisian sebagai barang bukti.

Bersamaan dengan penemuan tersebut, kepolisian juga telah menangkap 22 orang yang terkait dengan tindakan kriminal tersebut. 6 orang ditangkap di San Diego, sementara 16 orang lainnya ditangkap di Meksiko.

Penemuan itu terjadi setelah seorang agen yang bekerja untuk US Homeland Security Investigations melakukan penyamaran sebagai supir pengirim norkoba. Ia melakukan penyelundupan narkoba lewat gudang San Diego dengan imbalan sebesar $ 10.000 untuk setiap truk obat.

Puluhan terowongan serupa telah ditemukan di sepanjang perbatasan Meksiko dengan Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa bahkan dilengkapi dengan lift hidrolik dan jalur rel mobil listrik.

San Diego dan Tijuana merupakan wilayah yang populer dengan penyelundup melalui jalur bawah tanah, karena tanah di kedua kota ini sangat mudah untuk digali dengan menggunakan sekop dan alat-alat pneumatik, dan kedua sisi perbatasan memiliki gudang yang dapat menutupi penggunaan alat berat. (rsn-reinha)