Ilmuwan Jepang Temukan Lokasi Kebahagiaan Di Dalam Otak

Ilmuwan Jepang Temukan Lokasi Kebahagiaan Di Dalam Otak

Ilmuwan Jepang Temukan Lokasi Kebahagiaan Di Dalam Otak

REINHA.com – Hingga kini tidak ada ilmuwan yang tahu pasti di mana lokasi kebahagiaan di dalam otak kita. Namun tim ilmuwan dari Kyoto Universiry, Jepang, telah melakukan studi terhadap emosi sejumlah orang. Dan mereka mengklaim telah sedikit dekat untuk menemukan lokasi kebahagiaan di dalam otak manusia.

Para peneliti ini menggunakan MRI untuk memindai otak para sukarelawan yang tergolong ke dalam orang-orang yang cenderung hidup dengan bahagia. Orang-orang ini merupakan orang-orang yang lebih sering merasa bahagia dan merasa puas dengan kehidupan mereka.

Scan MRI menunjuk area otak yang disebut precuneus, sebuah daerah di parietal medial lobus yang terletak di bagian atas dari otak, ke arah belakang organ. Para peneliti mencatat bahwa wilayah ini sangat aktif ketika orang mengalami kesadaran.

Orang-orang yang merasakan kebahagiaan lebih intens, merasa sedih kurang intens, dan lebih mampu menemukan makna dalam kehidupan memiliki precuneus lebih besar, menurut penelitian yang diterbitkan 20 November dalam Jurnal Ilmiah.

“Selama sejarah, banyak ilmuwan terkemuka seperti Aristoteles telah merenungkan apa itu kebahagiaan. Saya sangat senang bahwa kita sekarang tahu lebih banyak tentang apa arti menjadi bahagia” ucap pimpinan studi, Wataru Sato.

Sato bahkan berteori bahwa temuan ini bahkan akan memungkin suatu hari nanti membantu orang melatih diri untuk menjadi lebih bahagia. Sato memberi contoh salah satunya dengan meditasi. “Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meditasi meningkatkan masa materi abu-abu di precuneus. Ini berguna untuk mengembangkan program kebahagiaan berdasarkan penelitian ilmiah” lanjut Sato. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.