Ilmuwan Jepang Temukan Cara Tumbuhkan Gigi Di Lab

Ilmuwan Jepang Temukan Cara Tumbuhkan Gigi Di Lab

Ilmuwan Jepang Temukan Cara Tumbuhkan Gigi Di Lab

REINHA.com – Jika sekarang gigi yang rusak dapat digantikan dengan gigi palsu, mungkin suatu saat gigi palsu tidak akan lagi dibutuhkan. Pasalnya, kini para ilmuwan telah berhasil menemukan cara untuk menumbuhkan gigi baru di laboratorium, dan gigi tersebut dapat berfungsi layaknya gigi asli yang tumbuh di dalam mulut seseorang.

Para ilmuwan peneliti dari RIKEN Centre for Developmental Biology, Jepang, telah berhasil menanamkan gigi baru yang mereka tumbuhkan di laboratorium ke dalam raham tikus percobaan. Mereka menggunakan teknik penggalian kuman, yang merupakan kelompok sel yang dibentuk pertama kali saat pertumbuhan gigi. Kuman tersebut tumbuh menjadi gigi baru dan ditanamkan ke rahang tikus.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Laporan Ilmiah jurnal Nature, menunjukkan bahwa menumbuhkan gigi baru secara alami, jauh lebih menguntungkan. Studi ini menunjukkan bahwa gigi baru tersebut memungkinkan tikus percobaan untuk mengunyah dan merasakan stimulus pada gigi. Namun sayangnya gigi ini hanya setengah ukuran dari gigi normal.

Seperti dilansir Dailymail, 22 Desember 2015, peneliti utama, Takashi Tsuji, mengatakan bahwa metode baru ini bisa sangat berguna bagi anak-anak yang tidak memiliki gigi yang dikembangkan dengan baik, karena kondisi seperti bibir sumbing atau down syndrome. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.