Merasa Bersalah, Bos Tambang Di China Bunuh Diri

Merasa Bersalah, Bos Tambang Di China Bunuh Diri

Merasa Bersalah, Bos Tambang Di China Bunuh Diri

REINHA.com – Diduga merasa bersalah dan takut menghadapi tuntutan hukum setelah kecelakaan menimpa pekerjanya, Ma Congbo, bos perusahaan tambang gipsum Yurong, nekat bunuh diri pada hari Minggu lalu. Ma dengan sengaja melemparkan diri ke dalam galian tambang.

Satu orang tewas dan 17 orang pekerja tambang terperangkap di dalam tambang gipsum di provinsi Shandong, China Timur, ketika tambang runtuh pada hari Jumat lalu pukul 8 malam waktu setempat.

Petugas telah mengerahkan sekitar 700 orang agar proses evakuasi bisa berjalan lebih cepat. Setelah 2 hari, mereka berhasil mengeluarkan mayat korban meninggal dan 7 orang yang terperangkap. Namun saat proses evakuasi masih berlangsung, Ma malah mengakhiri hidupnya di lokasi kejadian.

Motif bunuh diri Ma tidak diketahui dengan jelas, tapi pihak berwenang sebelumnya telah menyampaikan bahwa Ma akan berhadapan dengan hukum atas tuduhan telah lalai dalam memastikan keselamatan pekerja. Diduga Ma merasa bersalah dan takut menerima hukuman.

China memang memiliki sejarah panjang kecelakaan kerja. Seminggu sebelum insiden ini, tanah longsor menyebabkan ratusan pekerja tambang tertimbun di kota Shenzhen. Satu orang tewas dan 75 orang hingga saat ini belum ditemukan. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.