20 Orang Per Hari Mati Kelaparan Di Deir Ezzor Suriah

20 Orang Per Hari Mati Kelaparan Di Deir Ezzor Suriah

20 Orang Per Hari Mati Kelaparan Di Deir Ezzor Suriah

REINHA.com – Penderitaan warga Suriah nampaknya tidak juga berakhir, tak hanya ancaman kematian dari kekejaman militan ISIS bersenjata, mereka juga terancam mati kelaparan akibat tinggal di daerah yang dikepung oleh militan ISIS. 15 hingga 20 orang dilaporkan meninggal dunia setiap harinya akibat menderita kelaparan di kota Deir Ezzor, Suriah.

Seperti dilansir Dailymail, 17 Januari 2016, kota Deir Ezzor, yang berpenduduk sebanyak sekitar 450.000 orang, kabarnya telah dikepung oleh militan teroris ISIS sejak bulan Maret 2015. Selama 10 bulan mereka tidak mempunyai akses keluar dari kota dan mengalami krisis kebutuhan hidup yang sangat parah.

Aliran listrik ke kota tersebut telah diputus, jalur komersial dan bantuan kemanusiaan pun dilarang masuk ke dalam kota. Mereka kekurangan makanan, obat-obatan dan bahan pokok lainnya. Bahkan sumber air hanya disediakan tiga jam setiap minggunya.

Sebuah cadangan gandum pemerintah dan patch yang sangat kecil dari tanah yang dikuasai pemerintah dapat terus memberikan gandum untuk membuat roti yang cukup untuk persediaan berbulan-bulan, tapi kurangnya bahan bakar dan ragi telah meningkatkan harga roti hingga berkali-kali lipat.

“Keluarga harus antri berjam-jam untuk mendapatkan roti yang merupakan makanan pokok mayoritas penduduk di sana” kata laporan dari Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan.

Menurut Médecins Sans Frontières (MSF) jumlah meninggal karena kelaparan setiap harinya bertambah dari 20 orang per hari di tahun 2015 menjadi 35 orang per hari di awal tahun 2016. Laporan itu datang setelah ISIS mengumumkan bahwa mereka telah menculik sedikitnya 400 warga sipil termasuk diantaranya perempuan dan anak-anak dalam serangan di Deir Ezzor. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.