BERITABerita DuniaKESEHATAN

Anak Ini Lakukan Gerakan Senam Dengan Tangan Buatan

Anak Ini Lakukan Gerakan Senam Dengan Tangan Buatan

Anak Ini Lakukan Gerakan Senam Dengan Tangan Buatan

REINHA.com – Kemajuan teknologi kini bisa membuat apa yang dirasa mustahil menjadi mungkin untuk dilakukan. Seperti yang dialami oleh Taliya Dawkins, anak perempuan berusia 8 tahun yang sangat mencintai dunia olah raga namun terlahir tanpa tangan yang lengkap. Teknologi telah memungkinkan Taliya melakukan gerakan senam dengan menggunakan tangan buatan, sama baiknya dengan dua tangan asli.

Gadis kecil asal Inggris ini mengalami apa yang disebut amputasi ketuban saat masih dalam kandungan. Ia lahir tanpa memiliki tangan kiri yang utuh, karena tangan kirinya terjerat dengan tali pusat, memotong pasokan darah dan menghentikan pertumbuhan tangan kirinya.

Taliya diberikan tangan palsu sejak usia enam minggu, hal ini membuat Taliya tumbuh menjadi anak yang sangat aktif seolah tidak ada kekurangan di dalam dirinya. Bahkan ia gemar dan unggul dalam berbagai bidang olah raga seperti akrobat, berenang, ice skating, dan senam.

Taliya paling menyukai senam, ia sangat berharap bisa melakukan gerakan dengan kedua tangan seperti hand stand dan jungkir balik. Namun tangan palsunya tidak mampu mendukungnya melakukan gerakan-gerakan seperti itu.

Kini untuk pertama kalinya Taliya mampu melakukan gerakan-gerakan sulit yang diinginkannya. Seperti dilansir Dailymail, 11 Januari 2016, dokter ahli dari Rumah Sakit NHS Trust, Inggris, telah menciptakan perangkat fleksibel di lengan prostetik Taliya, yang memungkinkan dia melakukan beberapa gerakan yang lebih kompleks dan posisi yang membutuhkan kekokohan kedua tangan serta fleksibilitas pergelangan tangan.

“Saya akhirnya dapat melakukan jungkir balik dan hand stand, apa yang selalu ingin saya lakukan. Itu membuat perbedaan besar untuk keseimbangan saya dan saya sangat senang” ucap Taliya. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.