Makan Cokelat Saat Hamil Baik Untuk Janin

Makan Cokelat Saat Hamil Baik Untuk Janin

Makan Cokelat Saat Hamil Baik Untuk Janin

REINHA.com – Bukan hanya lezat dikonsumsi sebagai camilan sehat, cokelat juga memiliki segudang manfaat. Cokelat sudah terbukti dapat menimbulkan perasaan rileks dan bahagia, menjaga kesehatan jantung, bahkan dapat mencegah kanker. Tapi ternyata manfaat cokelat tidak berhenti sampai di situ. Cokelat juga dapat membantu pertumbuhan janin jika dikonsumsi setiap hari oleh ibu hamil.

Sejumlah ilmuwan di Kanada telah melakukan penelitian tentang manfaat cokelat bagi bayi dalam kandungan. Mereka menemukan bahwa jika ibu hamil mengkonsumsi cokelat setiap hari, maka akan memberikan efek positif pada plasenta, pertumbuhan janin, dan pengembangan dengan meningkatkan aliran darah.

Seperti dilansir, ABC News, 3 Februari 2016, penelitian yang akan dipresentasikan kepada Society for Maternal-Fetal Medicine meneliti apakah tinggi flavanol coklat dapat mengurangi pre-eklampsia, gangguan jangka akhir yang dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan yang serius baik bagi ibu dan janin.

Sebelumnya cokelat telah terbukti meningkatkan risiko pre-eklampsia tapi hasilnya telah bertentangan, sehingga penelitian ini berangkat untuk memeriksa peran flavanol. Flavanol adalah senyawa yang ditemukan di cokelat hitam atau cokelat pahit, dan telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan termasuk mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi mental.

Penelitian yang dipimpin oleh Emmanuel Bujold itu melibatkan 129 wanita antara usia kehamilan 11 dan 14 minggu. Mereka secara acak dipisahkan menjadi dua kelompok, keduanya diberikan 30 gram cokelat perhari selama 12 minggu dengan kadar flavanol yang berbeda. Kelompok pertama mendapatkan cokelat tinggi flavanol, sedangkan lainnya mendapatkan cokelat rendah flavanol.

Pre-eklampsia, hipertensi gestasional, plasenta berat badan dan berat badan lahir diukur, sedangkan pengukuran aliran darah diambil pada awal dan setelah 12 minggu. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok ditemukan di ukuran apa pun, tetapi kedua kelompok menunjukkan peningkatan aliran darah yang jauh lebih besar dari yang diharapkan pada populasi umum.

“Studi ini menunjukkan bahwa cokelat dapat memiliki dampak positif pada plasenta dan tumbuh kembang janin. Namun hal ini tidak semata-mata dan secara langsung disebabkan oleh kandungan flavanol” ucap Emmanuel. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.