Wow, Ada Sungai Air Mendidih Di Amazon

Wow, Ada Sungai Air Mendidih Di Amazon

Wow, Ada Sungai Air Mendidih Di Amazon

REINHA.com – Sebuah sungai misterius sepanjang empat mil mungkin pantas dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia. Bagaimana tidak, sungai yang terletak di Matantuyacu, pedalaman Amazon, memiliki air yang sangat panas dan selalu mendidih, hingga dinamakan Sungai Mendidih. Namun tidak diketahui dengan pasti sejak kapan sungai tersebut mendidih dan apa penyebabnya.

Pada awalnya sungai ini hanya dikenal sebatas legenda bagi penduduk sekitar. Hingga pada tahun 2011, seorang geoscientist, Andres Ruzo, datang dan melihat sendiri seperti apa sungai mendidih yang selama ini melegenda. Saat itu kakek Andres mengulang cerita tentang legenda sungai yang akan membunuh siapapun yang terjatuh ke dalamnya.

Andres yang tidak mempercayai legenda itu, merasa tidak yakin bahwa ada sungai yang airnya dapat tetap mendidih sepanjang waktu. Ia pun mendatangi sungai dan membuktikannya dengan mata kepala sendiri kebenaran dari cerita kakeknya. (Lihat videonya di sini)

Dengan dipandu oleh bibinya, Andres datang ke sungai yang lokasinya jauh dari pusat vulkanik. Ia melihat sendiri sungai sepanjang 4 mil dengan uap mengepul layaknya air yang mendidih. Air itu cukup untuk digunakan menyeduh kopi, bahkan Andres melihat sendiri bagaimana seekor katak yang jatuh ke sungai, mati seketika terseduh air mendidih.

Seperti dilansir Dailymail, 18 Februari 2016, sejak penemuannya itu Andres menulis sebuah buku tentang penyebab mendidihnya air sungai tersebut. Sebagai seorang mahasiswa PhD geofisika di Southern Methodist University, Ruzo ingin memecahkan fenomena sungai itu. Ia mulai bertanya-tanya kepada rekan-rekannya tentang kemungkinan sungai dapat mendidih, namun ia tidak mendapatkan jawaban yang pasti.

Namun Andres percaya bahwa sungai mendidih ini ada kaitannya dengan panas perut bumi yang mengalir melalui celah gunung berapi. Karena dibutuhkan sumber panas yang sangat kuat untuk menghasilkan manifestasi panas seperti di sungai itu.

Sejak kapan air di sungai itu menjadi air yang sangat panas dan mematikan? Andres belum menemukan jawabannya. Tapi Andre pernah berbincang dengan bibinya, dan bibinya mengatakan bahwa sungai itu sudah ada sejak ia kecil dan airnya tidak mendidih, bahkan ia berenang di sungai itu. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.