Hapus Kenangan Menyakitkan Dengan Menggerakkan Mata

Hapus Kenangan Menyakitkan Dengan Menggerakkan Mata

Hapus Kenangan Menyakitkan Dengan Menggerakkan Mata

REINHA.com – Kenangan yang menyakitkan dapat membuat kacau kehidupan seseorang, mulai dari menyebabkan depresi atau bahkan dapat membuat seseorang memilih untuk mengakhiri hidupnya. Namun kini sebuah terapi sederhana telah terbukti mampu untuk menghapus kenangan menyakitkan. Pasien hanya diharuskan untuk menggerakkan kedua bola matanya.

Terapi yang semakin hari semakin popular ini dikenal dengan nama Eye Movement Desensitization and Reprocessing (EMDR). EMDR telah banyak digunakan untuk mengatasi sejumlah kondisi mental serius, termasuk diantaranya kecemasan dan depresi.

EMDR dilakukan dengan menggerakkan bola mata dari kiri ke kanan sebanyak 20 hingga 30 kali. Sesederhana itu? Tapi mengapa terapi ini terbilang ampuh untuk mengatasi masalah mental yang serius?

(Baca juga: Mata Remaja Ini Nyaris Buta Akibat Dihuni Parasit Berbahaya)

Psikolog sekaligus mantan presiden Asosiasi EMDR di Inggris dan Irlandia, Dr Robin Logie, mengatakan bahwa hanya dengan melakukan terapi selama satu jam, dapat mengubah hidup seorang pasien yang menderita depresi menjadi lebih baik.

Dan ada alasan baik mengapa pengolahan kenangan negatif dapat meningkatkan kesejahteraan mental. Kebanyakan kenangan yang normal diproses oleh otak, dimasukkan ke dalam konteks dan kemudian memudar dengan waktu, tapi itu tidak terjadi pada kenangan yang buruk.

Francine Shapiro, yang mendirikan terapi ini, menunjukkan bahwa ada sekitar sepuluh atau 20 kenangan yang belum terhapus, bertanggung jawab untuk sebagian besar rasa sakit dalam hidup kita. EMDR didasarkan pada menempatkan kenangan buruk di tempat yang tepat.

Francine menemukan terapi ini setelah menderita dengan masalah pribadinya pada tahun 1987. Dia menyadari bahwa saat dia memindahkan matanya dari satu sisi ke sisi lain, itu mengganggu pikirannya pudar tanpa upaya sadar. Dia menguji teori dengan sengaja memikirkan hal-hal yang mengerikan saat bergerak matanya. Dan ia pun takjub, hal yang sama terjadi.

# Hapus Kenangan Menyakitkan Dengan Menggerakkan Mata (rsn-reinha)

  • 3
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.