12 Makanan Ini Membuat Anda Terlihat Tua

12 Makanan Ini Membuat Anda Terlihat Tua

12 Makanan Ini Membuat Anda Terlihat Tua

REINHA.com – Menurut Ariel Ostad, MD, dari American Academy of Dermatology, apa yang Anda makan akan mempengaruhi kulit Anda untuk menjadi lebih baik atau malah lebih buruk. Karena itu jika Anda tidak memilih perawatan kulit atau suplemen sebagai cara untuk tetap awet muda, ada baiknya Anda mengetahui makanan apa saja yang dapat membuat Anda terlihat lebih tua.

Dikutip dari Health.com, terdapat makanan yang disebut sebagai ‘age-accelerating foods’ atau makanan yang mempercepat penuaan. Berikut 14 jenis makanan yang perlu dihindari agar kulit dan tubuh tetap segar dan awet muda.

1. Gula
Gula yang berlebihan dapat memulai proses yang disebut glikasi. Teorinya, ketika Anda mengkonsumsi gula lebih banyak dari yang dapat diproses oleh tubuh Anda, maka molekul gula berlebih akan bergabung dengan protein dan berubah menjadi glikasi. Glikasi dapat merusak kolagen, protein yang membuat kulit sehat dan awet muda.

2. Alkohol
Alkohol akan mempengaruhi kesehatan hati. Jika hati Anda berfungsi dengan baik, racun yang berpotensi mempengaruhi kulit akan dikeluarkan secara alami. Tapi jika tidak, kulit Anda dapat mengembangkan berbagai masalah, seperti jerawat, kulit kusam, dan keriput.

3. Makanan Asin
Banyak mengkonsumsi garam termasuk natrium dalam makanan yang diawetkan, bisa membuat tubuh Anda menahan banyak air. Hal ini akan menyebabkan kulit menjadi tidak kencang dan terlihat menggelambir.

4. Daging Olahan
Kornet, sosis, ham dan olahan daging lainnya mengandung banyak jenis pengawet yang dapat memicu peradangan di kulit dan mempercepat terjadinya penuaan.

5. Makanan pedas
Makanan pedas dapat memperburuk kulit rawan rosacea, terutama bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause. Makanan pedas akan melebarkan pembuluh darah Anda dan menyebabkan kulit wajah berjerawat dan kemerahan.

6. Daging Merah
Daging merah apalagi yang berlemak dapat menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas akan mencari elektron yang hilang, mereka merobek elektron dari sel-sel sehat dan merusak mereka. Kerusakan ini akhirnya mempengaruhi kemampuan kulit Anda untuk melindungi diri sendiri dan menghasilkan kolagen.

7. Minuman Berenergi
Minuman berenergi memiliki efek buruk bagi gigi Anda karena bersifat asam. Jika gigi terkena minuman ini, maka akan membuat gigi kehilangan enamel . Gigi akan bernoda dan mudah rapuh.

8. Lemon
Semua jenis jeruk dapat merontokkan enamel pada Anda, tetapi lemon mungkin yang terburuk dari yang terburuk. Jus lemon menciptakan kerusakan yang paling parah di gigi, dibandingkan dengan jus jeruk dan grapefruit. Menambahkan minuman itu dengan gula akan menambah penumpukan plak, noda dan kerusakan.

9. Lemak Trans
Tak hanya buruk bagi kesehatan jantung, lemak trans juga buruk bagi kulit Anda. Lemak trans dapat meningkatkan peradangan pada kulit yang akan merusak kolagen. Selain itu lemak trans juga membuat kulit rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV, yang merupakan penyebab nomor satu dari penuaan.

10. Kafein
Kafein bersifat diuretik yang dapat membuat Anda mengeluarkan cairan, dan menguras tubuh Anda dari kelembaban, termasuk kelembaban kulit. Terlalu banyak mengkonsumsi apapun yang berkafein akan membuat kulit kering, kusam dan terlihat tua.

11. Kopi
Kafein bukan satu-satunya alasan meminum kopi dapat membuat Anda terlihat lebih tua, tapi kopi juga bersifat asam dan dapat merusak gigi Anda. Minuman asam dapat membuat pori-pori mikroskopis pada permukaan enamel, menyebabkan gigi bernoda, rusak dan rapuh.

12. Teh Hitam
Berkat kandungan tannin yang tinggi, peminum teh tidak akan terbebas dari noda di gigi. Seperti asam dalam lemon dan kopi, asam sitrat membuat enamel Anda lebih berpori, sehingga lebih rentan terhadap noda. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.