BERITABerita Dunia

Batu Raksasa Misterius Di Bosnia, Bukti Peradaban Yang Hilang?

Batu Raksasa Misterius Di Bosnia, Bukti Peradaban Yang Hilang?

Batu Raksasa Misterius Di Bosnia, Bukti Peradaban Yang Hilang?

REINHA.com – Sejumlah batu bola raksasa yang ditemukan di sebuah hutan di dekat kota Zavidovici, Bosnia kembali menimbulkan perdebatan dari para arkeolog dunia. Batu dengan tinggi hampir dua meter itu pernah menjadi berita utama pada tahun 2005, namun hingga saat ini belum diketahui dengan jelas apa dan bagaimana bisa terbentuk batu bulat sebesar itu.

Menurut arkeolog terkemuka asal Bosnia, Dr Sam Osmanagic, di lokasi tersebut terdapat banyak batu bola serupa. Berdasarkan penelitian benda tersebut telah berusia lebih dari 1.500 tahun. Pada tahun 1970-an, jumlah batu lebih banyak lagi, tapi hancur karena ada rumor beredar bahwa terdapat emas yang sengaja disimpan di dalamnya.

Lalu benda apa itu? Buatan alam atau buatan manusia?

Seperti dilansir Telegraph, 11 April 2016, Dr Osmanagic percaya bahwa batu bola itu dibuat oleh tangan manusia. Batu-batu bola itu merupakan bukti adanya peradaban kuno yang maju namun telah menghilang sekitar 1.500 tahun yang lalu.

Sayangnya pendapat pria yang dikenal juga sebagai “Bosnia Indiana Jones” itu, mendapatkan ejekan dan pertentangan dari sejumlah arkeolog dunia lainnya.

“Ada beberapa arkeolog yang berasal dari lokasi itu mengatakan bahwa batu bola tersebut berasal dari abad pertengahan, mungkin Zaman Perunggu atau Romawi. Tapi spekulasi bahwa benda itu dibuat oleh manusia dari peradaban kuno, hanyalah fantasi. Dan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang arkeologi atau sejarah harus mengakui itu” ucap Anthony Harding, presiden Asosiasi Arkeolog Eropa.

Mandy Edwards, ilmuwan dari University of Manchester School of Earth, Inggris, mengatakan bahwa batu itu sepertinya bukan buatan manusia. Ia mengklaim bahwa batu bola besar itu dibentuk oleh pengendapan semen mineral alami dalam ruang antara butir sedimen butir, sebuah proses yang dikenal sebagai concretion. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.