Penyakit Langka, Wanita Ini Menyusut Seukuran Balita

Penyakit Langka, Wanita Ini Menyusut Seukuran Balita

REINHA.com – Kumari Kunti asal desa Chatra, Jharkhand, India, semula memiliki tinggi badan normal layaknya gadis remaja yang dalam masa pertumbuhan. Namun sejak 9 tahun yang lalu, bukannya bertumbuh, tubuh Kumari malah menyusut. Kini di usianya yang ke 25 tahun, ia telah kehilangan separuh dari ukuran tubuh sebelumnya.

Kumari telah didiagnosa menderita tulang lemah di usianya yang ke sembilan tahun. Namun pada tahun 2007 lalu ia mulai menunjukkan kondisi yang parah. Sebelah kaki Kumari tidak bisa menopang tubuhnya sehingga ia harus menjalani operasi. Namun kondisinya semakin memburuk dari tahun ke tahun.

Seperti dilansir Dailymail, 4 April 2016, Kumari berbaring di sebuah pondok tempat tinggalnya bersama sang ibu. Ia tidak bisa bergerak apalagi berjalan. Ia bergantung pada ibunya untuk memenuhi semua kebutuhan hidupnya.

“Dia adalah seorang gadis normal dengan anggota badan yang sehat tetapi ketika dia berbalik remaja, tulang-tulangnya mulai melemah dan ia berjuang untuk berjalan. Dia akan lemas sedikit tetapi secara bertahap ia kehilangan semua kekuatan dan mulai menyusut. Dalam delapan tahun penyakit misterius ini, dia benar-benar kehilangan kekuatan dan tidak bisa melakukan apa-apa” ucap Devi, ibu dari Kumari.

Kumari menderita kondisi memilukan yang telah menyebabkan tulang-tulangnya membentuk kurva dan mengecil selama satu decade terakhir. Menurut seorang dokter, Kumari menderita penyakit langka yang disebut osteogenesis imperfecta, atau penyakit tulang rapuh.

Osteogenesis Imperfecta disebabkan oleh mutasi genetik yang mempengaruhi bagaimana tubuh memproduksi kolagen, komponen utama dari jaringan ikat di seluruh tubuh. Kurangnya kolagen membuah tubuh penderita melengkung, tulang mudah patah dan kelemahan otot.

Kini tidak ada yang bisa dilakukan keluarga wanita ini untuk menyembuhkannya. Namun Kumari berharap dapat bertemu dengan dokter ahli di kota-kota besar di India yang bisa membantu mengobati kondisinya, yang memungkinkan dirinya untuk berjalan lagi. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.