Studi: Penderita Kanker Hidup Lebih Lama Di Rumah

Studi: Penderita Kanker Hidup Lebih Lama Di Rumah

Studi: Penderita Kanker Hidup Lebih Lama Di Rumah

REINHA.com – Penderita kanker yang oleh dokter dikatakan sudah tidak mempunyai harapan untuk hidup, biasanya dirawat di rumah sakit agar dapat bertahan hidup lebih lama. Namun ternyata studi terbaru yang dilakukan oleh para ahli kanker di Jepang menemukan fakta sebaliknya. Penderita kanker akan hidup lebih lama jika dirawat di rumah.

Kebanyakan orang mengatakan bahwa mereka akan lebih memilih untuk dirawat di rumah sakit jika mereka sedang sekarat, tapi tidak jelas apakah perawatan yang mereka terima akan sebaik perawatan di rumah. Karena itu tim peneliti yang dipimpin oleh Dokter Jun Hamano dari Universitas Tsukuba, Jepang, melakukan studi terhadap lebih dari 2.000 pasien, yang terdiri dari 1.582 pasien yang menerima perawatan di rumah sakit dan 487 pasien yang menerima perawatan di rumah.

Para peneliti menemukan bahwa kelangsungan hidup pasien kanker sekarat yang dirawat di rumah secara signifikan lebih lama daripada pasien yang dirawat di rumah sakit, bahkan setelah disesuaikan untuk karakteristik demografi dan klinis pasien, serta faktor-faktor lainnya.

“Pasien kanker dan keluarga cenderung khawatir bahwa kualitas perawatan medis yang tersedia di rumah akan lebih rendah dengan yang diberikan di rumah sakit dan kelangsungan hidup yang mungkin semakin singkat. Namun temuan kami menunjukkan bahwa perawatan di rumah tidak benar-benar memiliki pengaruh negatif pada kelangsungan hidup pasien kanker, malah sangat mungkin memiliki pengaruh positif” ucap Hamano.

Temuan yang dipublikasikan secara online oleh jurnal Kanker, menunjukkan bahwa ahli onkologi tidak perlu ragu untuk merujuk pasien untuk menjalani perawatan di rumah, hanya karena perlengkapan medis tidak bisa diberikan sebaik yang diberikan di rumah sakit. “Pasien, keluarga, dan dokter harus diyakinkan bahwa perawatan di rumah tidak memperpendek umur pasien, dan bahkan mungkin mencapai kelangsungan hidup lebih lama” lanjutnya. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.