Insomnia Di Minggu Malam? Ini Pendapat Ahli

Insomnia Di Minggu Malam? Ini Pendapat Ahli

Insomnia Di Minggu Malam? Ini Pendapat Ahli

REINHA.com – Anda kesulitan untuk tidur di Minggu malam? Padahal keesokan harinya merupakan hari tersibuk dalam satu minggu kerja. Anda telah berusaha melakukan segalanya dengan benar di siang hari, agar Anda mudah terlelap di malam hari, namun Anda tetap kesulitan untuk tidur. Ternyata bukan hanya Anda yang mengalami insomnia semacam ini.

Menurut spesialis Mindfulness asal Sydney, Clarissa Hughes, hampir 60 persen orang menderita insomnia di Minggu malam atau yang disebut ‘Sunday Night Insomnia’.

Sejumlah ahli mengatakan bahwa hal ini dikarenakan saat akhir pekan, tubuh kita keluar dari rutinitas yang dilakukan dari hari Senin hingga Jumat. Begadang di malam hari, tidur panjang di siang hari, dan rutinitas lainnya yang biasanya tidak dilakukan di hari Senin hingga Jumat.

Tapi menurut Clarissa, hal ini disebabkan apa yang dipikirkan otak pada Minggu malam. Padahal tidur yang baik di Minggu malam jauh lebih penting bagi kesehatan daripada tidur di malam-malam yang lain.

“Minggu malam adalah malam untuk membuat list apa-apa saja yang harus dilakukan besok. Otak kita secara otomatis mulai merenungkan apa yang harus kita lakukan seminggu yang akan datang. Aktivitas otak yang begitu banyak akan membuat kita sulit untuk tertidur” ucap Clarissa, seperti dilansir Dailymail, 8 Mei 2016.

Untuk mengatasinya, Clarissa menyarankan Anda untuk melakukan beberapa hal seperti menjauhkan smartphone dan perangkat elektronik lainnya dari kamar tidur Anda, melakukan beberapa gerakan yoga seperti menempatkan kaki Anda ke dinding, atau mendengarkan alunan musik pengantar meditasi untuk membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.