BERITABerita Dunia

Iblis Valak Dalam The Conjuring 2, Apakah Nyata?

Iblis Valak Dalam The Conjuring 2, Apakah Nyata?

Iblis Valak Dalam The Conjuring 2, Apakah Nyata?

REINHA.com – Banyak dari Anda yang mungkin bertanya-tanya, apakah iblis bernama Valak yang muncul di dalam film The Conjuring 2 benar-benar nyata? Valak atau Valac disebutkan dalam beberapa teks kuno seperti Dictionnaire Infernal, Pseudomonarchia Deamonum, dan buku Goetia, namun Valak tidak digambarkan berwujud biarawati seperti dalam film tersebut.

(Baca juga: Terkena Serangan Jantung, Seorang Pria Tewas Saat Nonton The Conjuring 2)

Dalam Dictionnaire Infernal (Collin de Plancy-1863), Valak merupakan iblis petinggi neraka yang dikenal sebagai salah satu ‘High-President of Hell’. Valak memerintah setidaknya 30 legiun iblis, dan ia diyakini merupakan iblis yang sangat kuat. Valak digambarkan sebagai seorang anak laki-laki dengan sayap malaikat yang menunggangi naga berkepala dua.

Sedikit berbeda dengan yang tertulis di Dictionnaire Infernal, dalam Pseudomonarchia Deamonum (Johann Wier-1583) dijelaskan bahwa bagi para praktisi klenik atau pemuja setan, Valak merupakan iblis yang mampu membantu mencari lokasi-lokasi harta karun. Dalam teks kuno Goetia (S. L. MacGregor Mathers-1904), Valak merupakan petinggi neraka ke 62 yang biasa disebut juga dengan nama Volac atau Valu. Dia adalah presiden neraka yang besar dan perkasa.

Sedangkan sosok iblis yang ditampilkan dalam film The Conjuring 2, sebenarnya bukanlah sosok sesungguhnya dari Valak. Dikutip dari Live Scifi, iblis yang disebut Valak dalam film karya James Wan itu dipercaya memiliki kemiripan dengan iblis Beezlebub, iblis kebohongan. (jmw-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.