KESEHATAN

Kelainan Genetik, Bayi Ini Memiliki Lidah Super Besar

Kelainan Genetik, Bayi Ini Memiliki Lidah Super Besar

Kelainan Genetik, Bayi Ini Memiliki Lidah Super Besar

REINHA.com – Paisley Morrison-Johnson lahir 16 bulan yang lalu di Aberdeen, South Dakota, dengan ukuran lidah yang sedikit lebih besar dari ukuran normal. Dokter mendiagnosa Paisley menderita kelainan genetik yang membuat lidahnya mengalami pertumbuhan yang abnormal. Ukuran lidah Paisley terus membesar dengan cepat.

Paisley lahir dengan Beckwith Wiedemann Syndrome, suatu kondisi genetik yang mempengaruhi pertumbuhan selama masa kanak-kanak. Gejala yang paling mudah terlihat adalah ukuran lidah yang besar, namun banyak juga bayi dengan BWS yang memiliki tanda merah yang disebut “gigitan bangau” di dahi mereka, seperti yang ada di dahi Paisley.

Menurut penelitian sebuah kelompok yang peduli dengan penderita BWS, kondisi ini berhubungan dengan peningkatan risiko kanker, terutama tumor hati dan ginjal. Dalam kasus Paisley, lidahnya menjadi besar, bahkan tidak lagi cocok di mulutnya, mempengaruhi kemampuannya untuk bernapas dan makan.

Ketika Paisley berusia satu tahun, gadis kecil itu menjalani operasi pemotongan lidah pertama untuk membantunya menjadi lebih nyaman. Tapi tidak lama setelah itu, otot lidahnya tumbuh kembali ke hampir ukuran aslinya. Mereka memutuskan untuk mencoba lagi, kali ini menghilangkan lebih dari enam inci dari lidahnya.

Menurut National Institutes of Health, anak-anak dengan BWS perlu dipantau secara teratur untuk kemungkinan menderita tumor, tetapi risiko kanker diperkirakan akan menurun setelah penderita memasuki usia 8 tahun. Asimetris pertumbuhan juga melambat dari waktu ke waktu, sehingga gejala Paisley seharusnya perlahan-lahan pergi. (cosmo/rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.