Studi: Tiga Gelas Susu Sehari Sebabkan Kematian Dini

Studi: Tiga Gelas Susu Sehari Sebabkan Kematian Dini

Studi: Tiga Gelas Susu Sehari Sebabkan Kematian Dini

REINHA.com – Susu telah lama direkomendasikan oleh dokter dan ahli gizi untuk meningkatkan asupan kalsium dan membantu menjaga tulang kuat. Namun penelitian para ilmuwan baru-baru ini menunjukkan bahwa susu tidak memiliki kontribusi besar terhadap kesehatan tulang, bahkan buruknya, dapat melipatgandakan risiko kematian dini.

Studi yang dilakukan di Uppsala University, Swedia, melacak 61.000 perempuan dan 45.000 laki-laki selama 20 tahun menemukan bahwa tidak ada pengurangan terhadap risiko keropos tulang bagi mereka yang rutin mengkonsumsi susu.

“Hasil penelitian kami mempertanyakan validitas rekomendasi untuk mengkonsumsi susu dalam jumlah tinggi untuk mencegah osteoporosis. Jumlah konsumsi susu yang lebih tinggi ternyata tidak disertai dengan rendahnya risiko osteoporosis, sebagai gantinya dapat dikaitkan dengan risiko kematian dini yang lebih tinggi” ucap penulis utama studi tersebut, Profesor Karl Michaelsson.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum tiga gelas atau lebih susu dalam sehari (680ml) dua kali lebih mungkin untuk meninggal lebih awal dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari satu gelas atau tidak sama sekali.

Kalsium yang dibutuhkan untuk membangun masa tulang memang membuat susu sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tapi para peneliti percaya bahwa lemak dalam susu menghilangkan efek positif dari kalsium, memicu peradangan dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Namun, produk susu rendah lemak seperti keju dan yogurt ditemukan memiliki efek menguntungkan, mengurangi kematian dini dan menjaga kesehatan tulang. Ahli Inggris mengatakan penelitian harus diperlakukan dengan hati-hati karena susu di Swedia diperkaya dengan vitamin A yang bisa berdampak pada hasil akhir studi tersebut. (telegraph/rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.