Malam Ini, Hujan Meteor Geminid Hadir Bersama Supermoon

Malam Ini, Hujan Meteor Geminid Hadir Bersama Supermoon

Malam Ini, Hujan Meteor Geminid Hadir Bersama Supermoon

REINHA.com – Bagi para pecinta langit malam, bulan Desember ini adalah saat yang paling tepat untuk menikmati keindahan fenomena langit malam. Akan ada dua fenomena sekaligus yang terjadi pada pertengahan Desember ini, yaitu Supermoon dan hujan meteor Geminid.

Pada tanggal 13 Desember 2016, bulan akan berada di jarak yang cukup dekat dengan bumi yaitu pada jarak 358.500 km. Fenomena supermoon ini disebut Supermoon Perigee, dimana pecinta langit malam dapat melihat bulan beserta dengan penampakan kawah-kawahnya. Supermoon Perigee dapat dilihat hingga tanggal 14 Desember 2016.

Di tanggal yang sama juga akan ada fenomena hujan meteor Geminid. Hujan meteor yang datang dari arah rasi Gemini akan berlangsung sejak tanggal 4 hingga 16 Desember 2016, dan bisa dinikmati di langit tanpa polusi cahaya setiap malam. Puncak hujan meteor Geminid akan menghadirkan 120 meteor per jam di tanggal 13 hingga 14 Desember 2016.

Di Indonesia, hujan meteor Geminid terbit di ufuk timur pukul 19:00 WIB pada 13 Desember 2016 dan bergerak ke arah barat dengan kecepatan 35 km/jam, dan akan berlangsung hingga dini hari 14 Desember 2016.

Hujan meteor diwaktu yang bersamaan dengan supermoon akan menjadikan bulan tampak lebih terang lagi. Bulan purnama akan menjadi polusi cahaya utama bagi hujan meteor. Meskipun demikian para pecinta langit masih bisa melihat dua fenomena ini di lokasi yang jauh dari polusi cahaya kota. (ls/rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.