Meteor Meledak Di Siberia, Mengubah Malam Menjadi Siang

Meteor Meledak Di Siberia, Mengubah Malam Menjadi Siang

Meteor Meledak Di Siberia, Mengubah Malam Menjadi Siang

REINHA.com – Sebuah fenomena alam langka terjadi di Republik Khakassia, barat dayaSiberia pada hari Selasa malam kemarin. Sebuah meteor berupa bola api besar muncul di langit dan meledak, membuat malam yang gelap terang seperti siang hari.

“Kami melihat ke arah gunung di dekat kami dan ada meteor besar terbang di atasnya. Bola besar itu memiliki ekor. Terus terang saat itu saya takut, saya pikir itu bom” ucap Olga Sagalakova, seorang warga Khakassia yang melihat langsung fenomena tersebut.

“Meteor memancarkan cahaya dingin seperti lampu neon. Saya melihat benda itu dengan cepat membuat langit cerah. Kilatan cahaya yang benar-benar cerah, namun tidak menyilaukan” ucap warga Khakassia yang lain bernama Nikolay Soldatov.

Menurut para saksi mata, meteor terlihat selma sekitar tiga atau empat detik. Sekitar setengah menit kemudian terjadi ledakan keras yang mengakibatkan langit terang seperti siang dan banyak alarm mobil yang tiba-tiba berbunyi.

Laporan warga yang melihat fenomena langka itu datang dari seluruh wilayah Khakassia, serta dari daerah bagian Krasnoyarsk. Namun fenomena tersebut paling terlihat indah jika dilihat dari atas kota Sayanogorsk, Khakassia.

Kementrian Darurat Siberia telah mengumumkan bahwa ledakan meteor tersebut terjadi di luar atmosfer bumi. Pemerintah juga menolak spekulasi forum lokal yang mengatakan bahwa ledakan disebabkan oleh kerusakan roket atau kecelakaan perangkat luar angkasa lainnya. Pemerintah meyakinkan warga bahwa fenomena itu murni merupakan kejadian alam dan tidal menimbulkan kerusakan. (rt/rsn-reinha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.