Pria Ini Merawat 8.000 Patung Religi Yang Terbuang

Pria Ini Merawat 8.000 Patung Religi Yang Terbuang

REINHA.com – Di sebuah area peristirahatan dekat pantai di Hong Kong, terdapat 8.000 buah patung religi yang sangat menarik perhatian. Patung-patung itu terjejer rapi di bawah pohon besar, dan dirawat oleh seorang pria tua bernama Wong Wing Pong.

Wong, 85 tahun, telah menjaga patung-patung di tempat itu selama 18 tahun. Ia datang setiap hari untuk membersihkan patung-patung dan membersihkan lokasi dimana patung-patung itu diletakkan.

“Saya masih ingat pertama kali saya datang ke sini. Saya melihat beberapa patung dewa yang dibuang oleh pemiliknya, dan tergeletak di sekitar sini dan di sana. Saya mulai mengambil mereka, dan menempatkan mereka di tempat yang baik”

Wong mengambil patung-patung yang dibuang atau yang terdampar di pinggir pantai dan memberikannya rumah yang baru. Hingga kemudian banyak orang yang datang dan mendonasikan patung-patung yang hendak mereka buang.

Pria Ini Merawat 8.000 Patung Religi Yang Terbuang

Jumlahnya terus bertambah banyak dari sejak pertama ia merawat patung-patung tersebut, hingga kini berjumlah sekitar 8.000 patung dari berbagai agama, Buddha, Kristen, Tao, bahkan patung-patung kepercayaan lokal. Saking banyaknya patung-patung dewa, tempat itu kini dikenal dengan nama “The Sky Full of Gods”.

“Rumah saya terlalu kecil untuk merawat patung, jadi saya membawa mereka ke tempat ini. Disini saya bisa datang kapan saja untuk mempersembahkan dupa dan berdoa kepada mereka” ucap Yu Lai Sim, salah satu pengunjung.

Di usianya yang sudah lanjut, Wong berharap akan ada seseorang yang melanjutkan tugasnya untuk menjaga dan merawat patung-patung itu jika ia meninggal dunia.

“Ini adalah rumah bagi hatiku. Saya tidak pernah berpikir untuk berhenti datang. Saya harap saya bisa terus datang sampai akhir hidup saya” ucap Wong. (Aljazeera/rsn-reinha)