4 Hari Setelah Topan Hato, Hong Kong Dan Macau Dilanda Badai Pakhar

REINHA.com – Hanya empat hari setelah Hong Kong dan Macau dilanda topan Hato yang mematikan dan menewaskan belasan orang di Macau, wilayah ini kembali mengalami cuaca ekstrim. Badai tropis Pakhar telah menyebabkan angin kencang dan hujan lebat menerjang Hong Kong dan Macau pada hari Minggu, 27 Agustus.

Kedua kota tersebut mengeluarkan peringatan cuaca ekstrim di awal hari, saat angin mulai kencang dan hujan deras mulai menerjang. Angin kencang mengaduk-aduk laut yang kasar dan memicu peringatan banjir di sejumlah daerah dengan dataran rendah.

Observatorium cuaca Hong Kong mengatakan bahwa angin kadang-kadang mencapai kekuatan badai di bagian selatan Hong Kong dan di dataran tinggi di Pulau Lantau, dekat bandara.

Dilaporkan bahwa badai tersebut sejauh ini tidak menyebabkan kerusakan serius di Hong Kong maupun di Macau. Walaupun demikian, pemerintah setempat mengatakan bahwa mereka menerima 13 laporan banjir dan 159 laporan pohon tumbang.

Badai Pakhar melanda Hong Kong dan Macau di saat kedua kota tersebut masih terhuyung-huyung setelah dilanda topan Hato. Topan Hato menghancurkan Macau, menewaskan sedikitnya 12 orang dan lebih dari 200 orang luka-luka.

Separuh fasilitas di pusat perjudian terbesar di dunia tersebut hancur, penduduk kota kesulitan mendapatkan air bersih dan tidak ada listrik selama berhari-hari. (reuters/rsn-reinha)