PBB Perkirakan 27 Warga Raqqa Terbunuh Setiap Hari

PBB Perkirakan 27 Warga Raqqa Terbunuh Setiap Hari

REINHA.com – Perang antara pasukan demokratik yang dipimpin oleh Amerika Serikat dengan ISIS untuk merebut kembali wilayah Raqqa yang diduduki ISIS hingga saat ini masih terus berlangsung. PBB memperkirakan perang tersebut menewaskan sebanyak 27 warga Raqqa setiap harinya.

Selama pertempuran, militan ISIS menggunakan warga Raqqa yang terjebak sebagai perisai manusia. Sementara itu, koalisi pimpinan AS sering kali menjatuhkan bom di rute-rute pelarian.

“PBB memperkirakan bahwa rata-rata 27 orang terbunuh di Raqqa, setiap hari,” ucap Sekretaris Koordinator Bantuan Darurat untuk Urusan Kemanusiaan dan Bantuan Darurat, Stephen O’Brien, mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Rabu, 30 Agustus 2017.

O’Brien mencatat bahwa masih ada sekitar 25.000 warga sipil yang terjebak di kota tersebut. Mereka dibantai dalam baku tembak antara kedua belah pihak dalam perang yang sedang berlangsung, fase perang terakhir dimulai pada bulan Juni lalu.

“Mereka berisiko terbunuh, baik oleh serangan udara, atau oleh penembak jitu atau penembak jitu ISIS jika mereka mencoba melarikan diri, atau digunakan sebagai perisai manusia jika mereka tetap tinggal” ucap O’Brien.

O’Brien juga mendesak semua pihak dalam konflik untuk menyelamatkan nyawa warga sipil yang tidak bersalah. (rt/rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.