Topan Hato Melanda Macau, 12 Orang Tewas

REINHA.com – Topan Hato melanda wilayah Macau dan Hong Kong pada hari Rabu, 23 Agustus, pagi hari waktu setempat. Topan tersebut menyebabkan banjir parah di jalan-jalan dan menewaskan sedikitnya 12 orang penduduk di Macau.

Topan Hato mulai muncul di sekitar 60 km dari Hong Kong, badai tersebut kemudian bergerak menuju ke arah barat. Cuaca ekstrim tersebut menyebabkan kota-kota ramai lumpuh seketika. Ribuan orang terpaksa mengungsi ke tempat-tempat penampungan.

8 orang ditemukan tewas di pusat perjudian Macau, di mana media lokal mengambil sejumlah gambar yang menunjukkan barisan mobil tenggelam di dalam air dan orang-orang berenang di sepanjang jalan yang tergenang banjir.

3 orang pria tewas setelah mengalami kecelakaan di air terjun akibat hujan lebat dan angin kencang. 2 korban lain belum diketahui rincian penyebab kematiannya. Lebih dari 150 orang dirawat di rumah sakit karena cedera.

Pusat informasi cuaca di China mengatakan badai tersebut berakhir sekitar tengah hari di kota delta sungai Pearl, Zhuhai, di provinsi Guangdong. Kerusakan terbesar dan korban jiwa terjadi di Macau, sementara itu tidak ada korban jiwa di Hong Kong. (guardian/rsn-reinha)