Kecepatan Rudal Antikapal Rusia Tak Bisa Dibendung

REINHA.com – Zircon rudal hipersonik antikapal buatan Rusia diklaim mampu melesat delapan kali lebih cepat dari kecepatan suara.

Kecepatan lesat rudal canggih Rusia ini mencapai 4.600 mph (mil per jam). Senjata Kremlin tersebut didukung dengan teknologi scramjet yang berpotensi merobek pertahanan angkatan laut musuh.

Sebagai perbandingan, angkatan laut Inggris juga memiliki rudal canggih bernama rudal Ceptor. Rudal ini diklaim bisa melesat maksimal 2.300 mph. Artinya, masih kalah jauh dari kecepatan least rudal hipersonik Rusia itu.

“Selama uji coba, dipastikan bahwa kecepatan rudal tersebut mencapai delapan Mach,” demikian disebutkan sumber dari sektor pertahanan Rusia kepada Kantor Berita TASS, Sabtu (15/4/2017).

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa rudal Zircon dapat diluncurkan dari platform peluncuran universal 3C14 yang juga digunakan untuk rudal Onyx dan Calibre.

Sebelumnya sumber lain dari industri pertahanan Rusia menyebutkan bahwa rudal Zircon akan melakukan uji coba pada tahun ini. Diharapkan bahwa rudal baru tersebut akan dipasang di kapal jelajah tenaga nuklir Peter the Great dan Laksamana Nakhimov

Terkait dengan jangkauan tembak, Zircon mampu menuju sasaran yang berada di radius 400 kilometer dengan kecepatan maksimum antara 4 hingga 4 Mach.

Teknologi hipersonik umumnya digunakan pada sistem persenjataan dan pesawat yang banyak dilihat oleh pakar sebagai ‘game changer’ dalam perang masa depan.

Persenjataan hipersonik baik itu rudal maupun pesawat memiliki kemampuan untuk melesat hingga 5 kali kecepatan suara (Mach) bahkan lebih. Persenjataan tersebut sangat sulit untuk dicegat karena memiliki kemampuan melesat dan manuver yang luar biasa.(jmw-reinha)