BERITABerita Dunia

Keluarga Tidak Setuju Melahirkan Caesar, Ibu Hamil Ini Bunuh Diri

Keluarga Tidak Setuju Melahirkan Caesar, Ibu Hamil Ini Bunuh Diri

REINHA.com – Kisah tragis seorang ibu hamil yang bunuh diri telah memicu kemarahan para pengguna internet di China. Wanita 26 tahun bermarga Ma nekat mengakhiri hidupnya dengan cara lompat dari jendela lantai 5 rumah sakit, setelah keluarganya menolak keinginan Ma untuk melahirkan dengan cara operasi caesar.

Ma tiba di bangsal bersalin di sebuah rumah sakit di Yulin, provinsi Shaanxi, China, pada hari Rabu lalu. Usia kehamilan Ma sudah lebih dari 41 minggu dan dokter menemukan bahwa kepala bayi sangat besar sehingga akan sangat beresiko untuk melahirkan secara normal. Karena itu dokter menyarankan Ma melahirkan dengan cara operasi caesar.

Namun keluarga Ma bersikeras agar Ma tetap menjalani persalinan dengan cara normal, mereka menolak memberikan izin untuk melakukan operasi caesar. Pihak rumah sakit berulang kali meminta keluarga Ma untuk memberikan izin operasi, tapi hasilnya sia-sia.

Keesokan harinya Ma bahkan keluar dari bangsal bersalin sebanyak dua kali untuk memohon kepada keluarganya. Ma menjelaskan kepada keluarganya bahwa kondisi bayinya tidak memungkinkan ia untuk menjalani persalinan normal, namun keluarga Ma tetap menolak.

Putus asa, Ma akhirnya ditemukan tewas setelah terjatuh dari jendela lantai 5 di bangsal bersalin tempatnya dirawat, di hari yang sama sekitar pukul 8 malam. Polisi menduga kuat bahwa Ma sengaja melompat untuk membunuh dirinya dan bayinya.

Dalam laporan polisi tidak dijelaskan mengapa keluarga Ma menentang Ma menjalani operasi caesar.

Di media sosial China, Weibo, berita tersebut dengan cepat menyebar dan memicu kemarahan para penggunanya. Sebanyak lebih dari 40.000 pengguna melontarkan komentar kekecewaan kepada keluarga Ma dan mereka menuntut keluarga Ma untuk menghadapi hukuman atas penolakan yang menyebabkan Ma bunuh diri. (shanghaiist/rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.