Nanomachines, Hancurkan Sel Kanker Dalam Satu Menit

Nanomachines, Hancurkan Sel Kanker Dalam Satu Menit

REINHA.com – Kanker merupakan penyakit mematikan yang sulit untuk disembuhkan. Namun kini ada harapan baru bagi penderita kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Universitas Durham, Inggris, mengembangkan teknologi mesin nano yang dapat membunuh sel kanker hanya dalam waktu 60 detik.

Para ilmuwan membuat mesin nano atau nanomachines, mesin kecil yang terbuat dari partikel emas yang terpisah setelah dikenai sinar ultraviolet. Molekul kecil tersebut dapat berputar dengan cepat sehingga bisa melubangi lapisan sel kemudian masuk ke dalam sel kanker dan membunuhnya.

“Kami bergerak untuk mewujudkan ambisi kami agar dapat menggunakan nanomachines yang diaktifkan dengan cahaya untuk menargetkan sel kanker seperti tumor payudara dan melanoma kulit, termasuk jenis kanker yang tahan terhadap kemoterapi” ucap Dr. Robert Pal.

“Setelah dikembangkan, pendekatan ini dapat memberikan langkah perubahan yang potensial dalam penanganan kanker non-invasif dan dapat meningkatkan tingkat kelangsungan hidup dan kesejahteraan pasien secara global” lanjut Dr. Pal.

Selain digunakan sebagai senjata untuk menghancurkan membran tumor, nanomachines juga bisa digunakan untuk membawa agen terapeutik ke sel.

“Nanomachines ini sangat kecil sehingga kita bisa memasukkan 50.000 nanomachines seukuran diameter rambut manusia, namun mereka memiliki komponen penargetan dan penggerak yang digabungkan dalam paket kecil itu untuk membuat mesin molekuler menjadi kenyataan untuk mengobati penyakit” ucap Dr. James Tour, seorang anggota tim internasional dari Rice University, Houston.

Dr. Tour kemudian mengakui bahwa sementara dia pada awalnya skeptis tentang teknologi nanomachines dalam pengobatan, kini dia mempertimbangkan kembali aplikasinya.

“Selama bertahun-tahun saya tidak pernah membayangkan bahwa nanomachines digunakan secara medis, saya pikir mereka terlalu kecil, karena jumlahnya jauh lebih kecil dari sel, tapi sekarang pekerjaan ini benar-benar mengubah pemikiran saya tentang hal ini dan saya pikir secara terapeutik ini akan terjadi”

“Ini akan menjadi cara baru untuk mengobati pasien, ini akan menjadi aplikasi yang sangat baik untuk pengobatan kanker, tidak hanya untuk membunuh sel tapi juga untuk pengobatan sel, berinteraksi dengan tubuh manusia dengan menggunakan mesin molekuler” ucap Dr. Tour.

Percobaan saat ini dilakukan pada mikro organisme dan ikan kecil, dan ilmuwan berharap mereka segera dapat mencoba teknologi pada hewan pengerat juga. Jika pengujian hewan membuktikan keberhasilan, percobaan klinis pada manusia akan dapat dilakukan di masa depan. (rt/rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.