Berpoligami Tanpa Izin, Pria Ini Dipenjara

Berpoligami Tanpa Izin, Pria Ini Dipenjara

REINHA.com – Seorang pria asal Pakistan, Shahzad Saqib, harus menjalani hukuman penjara selama 6 bulan karena menikahi untuk kedua kalinya tanpa izin dari istri pertamanya. Saqib juga diharuskan membayar uang denda sebanyak $ 1.900 atau sekitar Rp. 25.000.000.

Saqib dilaporkan ke pengadilan oleh istri pertamanya, Ayesha Bibi, dengan tuduhan melakukan poligami tanpa seizin dirinya.

Bibi memenangkan persidangan setelah mempertahankan argumen bahwa menikah tanpa persetujuan istri pertama adalah pelanggaran hukum keluarga Pakistan. Bibi juga menolak argumen dari suaminya yang mengatakan bahwa Islam mengizinkannya memiliki hingga 4 orang istri.

Aktivis hak-hak perempuan di Pakistan mengatakan bahwa putusan tersebut akan membuat poligami tidak dianjurkan. Mereka juga mengatakan akan memberdayakan perempuan dan bisa mengakibatkan lebih banyak wanita masuk ke dalam situasi yang sama dengan menangani kasus mereka di pengadilan.

Di Pakistan, pria yang menikahi beberapa wanita biasanya melakukannya setelah beberapa tahun pernikahan pertama, dan harus mendapat persetujuan tertulis dari istri pertama mereka sebelum menikahi istri kedua.

Dewan Ideologi Islam Pakistan (CII), sebuah badan yang memberikan nasehat hukum kepada pemerintah mengenai isu-isu Islam, sering mengkritik undang-undang keluarga negara tersebut.
Namun, rekomendasi oleh CII tidak mengikat secara hukum.

Karena itu, Saqib memiliki hak untuk mengajukan banding atas putusan tersebut. (rsn-reinha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.