Aktivis Feminis Mencoba Mencuri Patung Bayi Yesus Di Vatikan

Aktivis Feminis Mencoba Mencuri Patung Bayi Yesus Di Vatikan

Vatikan 25 Desember 2017 © Alessandro Bianchi / Reuters

REINHA.com – Seorang aktivis FEMEN tanpa mengenakan baju berusaha untuk mencuri patung bayi Yesus dari “kandang natal” di Lapangan Santo Petrus di Kota Vatikan pada Hari Natal. Pemrotes tersebut berhasil dihentikan oleh penjaga Vatikan Swiss.

Wanita tanpa mengenakan baju tersebut terlihat bergegas ke palungan di tengah alun-alun dan mencoba meraih patung Yesus, foto Reuters menunjukkan. Namun, seorang penjaga menghalangi aktivis tersebut, yang dengan cepat menutupi wanita tersebut dengan mantel hitam. (Lihat Video Disini)

Protes topless tersebut terjadi tepat sebelum Paus Fransiskus menyampaikan pesan natal kepada orang-orang dari Vatikan.

(Baca juga: ISIS Ancam Serang Vatikan Saat Natal)

Pada malam Natal, aktivis FEMEN melakukan demonstrasi lain di dekat adegan Kelahiran Yesus di Vatikan. Demonstran menuliskan kata-kata “Diserang oleh gereja” yang ditulis di tubuh topless mereka.

(Baca juga: UFO Kembali Melintas Di Langit Rusia?)

Dalam sebuah posting Facebook, grup tersebut menyatakan telah bergabung dengan kampanye internasional #MeToo.

“Kami harus terus melawan semua bentuk kekerasan terhadap wanita yang dilakukan di mana-mana, dari Industri Film sampai Vatikan,” kata kelompok tersebut, menambahkan bahwa demonstrasi tersebut juga ditujukan untuk aborsi ilegal, homofobia dan pedofilia.

Ini bukan pertama kalinya FEMEN menargetkan Kota Vatikan. Pada tahun 2014 seorang aktivis FEMEN topless berhasil meraih bayi Yesus dan mengangkatnya di atas kepalanya sambil meneriakkan slogan-slogan menentang Gereja Katolik.

FEMEN adalah kelompok demonstrasi feminis radikal yang didirikan di Ukraina pada tahun 2008. Organisasi tersebut, yang sekarang berbasis di Paris, telah dikenal secara internasional karena demonstrasi topless terhadap institusi keagamaan, seksisme, homofobia, dan masalah sosial lainnya.

# Aktivis Feminis Mencoba Mencuri Patung Bayi Yesus Di Vatikan (jmw-reinha)