China Luncurkan Rute Penerbangan Komersial Ke Antartika

China Luncurkan Rute Penerbangan Komersial Ke Antartika

Wisatawan di Antartika / BBC

REINHA.com – China meluncurkan rute penerbangan komersial untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke Antartika. Operator tur China menggambarkan perjalanan tersebut sebagai tonggak sejarah, karena ini berarti wisatawan China tidak perlu lagi memesan tiket perjalanan melalui agen asing.

Dijelaskan lewat surat kabar China, ini merupakan awal sebuah era baru dalam pariwisata negara tersebut. Perjalanan pertama menuju Antartika telah membawa sebanyak 22 orang wisatawan terpilih. Perjalanan dimulai dari Hong Kong, dengan pemberhentian akhir di Kutub Selatan.

Lama penerbangan dari Hong Kong menuju ke Afrika Selatan menghabiskan waktu 15 jam. Pesawat mengisi bahan bakar di Cape Town, kemudian melanjutkan perjalanan selama 5,5 jam hingga sampai ke Antartika.

Dari sana, wisatawan harus menunggu 5-6 jam lagi untuk sampai ke pole, lokasi di mana pesawat mendarat di landasan es seluas 2.5 km. Total perjalanan yang harus ditempuh untuk sampai ke Antartika sekitar 26 jam.

Rute penerbangan tersebut merupakan kerjasama antara penyelenggara tur China dengan salah satu pemain mapan yang berbasis di Afrika Selatan.

(Baca juga: Rusia Luncurkan Kapal Pemecah Es Terbesar Dan Terkuat Di Dunia)

Wisatawan yang datang ke Antartika biasanya datang dengan kapal dari pelabuhan selatan Argentina Ushuaia. Rute lain yang biasanya dipilih adalah dari Selandia Baru. Sebuah rute yang sering dipilih oleh orang-orang yang tertarik dengan jadwal perjalanan yang lebih historis, dengan menelusuri jejak penjelajah masa lalu yang terkenal seperti Sir Ernest Shackleton.

“Lama perjalanan wisata berbeda-beda, bisa enam hari sampai tiga minggu atau bahkan lebih lama lagi” ucap Leanne Flanagan Smith dari operator tur BackTrack Adventures mengatakan kepada BBC.

“Bagi beberapa orang, perjalanan ini hanya untuk memenuhi daftar, ini adalah benua ketujuh mereka dan mereka ingin mencentangnya. Yang lain datang untuk melihat satwa liar tapi biasanya akan semakin terkesan dan terbebani oleh es dan pemandangan spektakuler” katanya.

Musim perjalanan yang paling digemari para wisatawan adalah musim panas Antartika dari bulan November sampai akhir Maret. Berapa biayanya? Pilihan termurah akan dikenakan biaya sekitar $ 5.000 (sekitar 68 juta rupiah) dengan kapal dari Ushuaia.

# China Luncurkan Rute Penerbangan Komersial Ke Antartika (rsn-reinha)