Memahami Dan Mengenal Buta Warna

Memahami Dan Mengenal Buta Warna

@tes buta warna

REINHA.com – Mata adalah organ penglihatan yang memiliki struktur kompleks di dalam dan di luar. Salah satu dari bagian mata adalah retina. Retina ditutupi dengan dua tipe dasar yang sensitif terhadap cahaya yakni sel Batang dan kerucut. Sel-sel kerucut peka terhadap warna dan terletak di bagian retina yang disebut fovea. Sedangkan sel batang tidak sensitif terhadap warna, namun bertanggungjawab untuk penglihatan perifer dan pada malam hari.

Bila terdapat kelainan genetik atau ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu akibat faktor genetis,maka orang tersebut menderita buta warna.

(Baca juga: Depkes California: Ponsel Tingkatkan Risiko Kanker Dan Infertilitas)

Kelainan atau cacat bawaan ini tergolong spesial dan unik karena bukanlah kelainan atau cacat fisik. Segala sesuatu yang berhubungan dengan penglihatan terutama soal warna, hanya bisa dirasakan sendiri oleh si penderita, namun tidak menutup kemungkinan si penderita sendiri pun tidak menyadari bahwa dirinya mengidap buta warna.

Untuk itulah maka perlu dilakukan tes buta warna. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena melihat adanya fakta bahwa banyaknya salah persepsi yang muncul di masyarakat bahwa bila tes buta warna hasilnya positif, membuat si penderita tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (khusus program eksakta) ataupun mencari pekerjaan. Bahwa sebenarnya dengan hasil positif pun tidak akan merubah kualitas hidup dari si penderita buta warna.

Tes buta warna yang sangat populer dan umum digunakan adalah metode Ishihara (ditemukan oleh Prof. Shinobu Ishihara). Tes ishihara sendiri terdiri dari beberapa lembar kertas putih, yang didalamnya terdapat sebuah lingkaran besar. Di dalam lingkaran tersebut, terdapat banyak lingkaran young karan kecil dengan warna tertentu yang senada, sehingga mencitrakan sebuah angka, ataupun garis.

(Baca juga: Mengenal HIV Dan Hepatitis B, Serupa Tapi Tak Sama)

Untuk orang yang memiliki mata normal tentulah dapat melihat angka, warna, ataupun garis yang terdapat dalam lingkaran besar tersebut. Namun, lain halnya dengan penderita buta warna, ia akan kesulitan melihat angka atau garis yang ada karena ketidakmampuan mata si pe nderita untuk membedakan warna dan apa yang ada dalam lingkaran-lingkaran tersebut.

# Memahami Dan Mengenal Buta Warna (jmw-reinha)