Mengenal Apa Itu Impotensi Dan Kenapa Bisa Terjadi Impotensi

Mengenal Apa Itu Impotensi Dan Kenapa Bisa Terjadi Impotensi

@u-report

REINHA.com – Bukanlah hal yang tabu atau menjijikan untuk membahas ataupun mengetahui impotensi atau disfungsi ereksi itu sendiri. Impotensi atau disfungsi ereksi adalah suatu keadaan atau kondisi dimana alat kelamin pria (penis) tidak mampu untuk mempertahankan posisi ereksi yang akhirnya mengakibatkan aktivitas seksual bersama pasangan menjadi terhambat.

Bila seorang pria menyadari dan mengetahui bila dirinya mengalami hal ini, sangat dianjurkan untuk segera menghubungi dokter yang ahli dalam menangani hal ini.

(Baca juga: Ilmuwan Berhasil Mentransplantasi Memori Pada Siput)

Impotensi bisa terjadi karena berbagai hal :

1. Gangguan pada pembuluh darah

Ketika darah dari pembuluh darah tidak mampu membawa pasokan darah yang memadai ke pembuluh darah penis, yang mengakibatkan penis tidak mampu untuk ereksi. Hasil penelitian menyebutkan 50% penderita diabetes rentan mengalami impotensi. Begitupun dengan yang menderita tekanan darah tinggi ataupun penyakit penyempitan pembuluh darah.

2. Gangguan pada sistem saraf

Stimulasi seksual berupa sentuhan, visual atau pemikiran, akan merangsang saraf untuk membuka aliran pembuluh darah arteri dan menutup aliran vena pada penis. Namun jika saraf terganggu seperti terjadinya cedera pada tulang belakang, trauma otak, penyakit parkinson dan penyakit saraf lainnya, maka seorang pria bisa mengalami impoten.

3. Gangguan keseimbangan hormon

Jenis gangguan ini terjadi apabila terganggunya keseimbangan pada hormon testosteron dan estrogen pada pembuluh darah. Hal seperti ini juga bisa mempengaruhi libido dari seorang pria. Penyakit yang bisa mengakibatkan terjadinya keseimbangan hormon antara lain, hipotiroidisme, hipertiroidisme, hipogonadisme, dan sindrom cushing.

4. Gangguan psikologis

Perasaan gairah seksual selalu dimulai dari otak. Adanya depresi ataupun kecemasan bisa mengakibatkan impotensi. Hubungan yang tidak baik dengan pasangan, lingkungan bahkan dengan teman, dapat membuat seorang pria kehilangan minat akan berhubungan seksual.

5. Pola hidup yang tidak sehat

Menimbun nikotin ke dalam pembuluh darah dengan mengkonsumsi rokok, bisa mengakibatkan peredaran darah menjadi tidak lancar. Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan mempengaruhi sistem kerja saraf saat ereksi, sehingga tidak terjadi kesinambungan antara otak dan saraf yang mengatur penis untuk ereksi.

# Mengenal Apa Itu Impotensi Dan Kenapa Bisa Terjadi Impotensi