Satu Juta Perokok Di Perancis Berhenti Merokok Dalam Setahun

Satu Juta Perokok Di Perancis Berhenti Merokok Dalam Setahun

AFP

REINHA.com – Survei yang dilakukan Public Health France menunjukkan bahwa dalam satu tahun ada satu juta perokok di Perancis yang berhenti merokok dalam setahun. Penurunan jumlah perokok ini menunjukkan bahwa langkah-langkah anti-merokok yang diperkenalkan kepada masyarakat telah berhasil.

Survei yang dilakukan terhadap perokok di Perancis menunjukkan penurunan tajam dalam jumlah perokok setiap harinya. Dari tahun 2016 ke tahun 2017, ada sekitar satu juta orang perokok yang berhenti merokok.

“Penurunan seperti itu belum pernah terlihat sebelumnya dalam satu dekade” menurut perwakilan dari Public Health France.

Menurut survei, pada tahun 2017, 26,9% anak usia 18 hingga 75 tahun merokok setiap hari, dibandingkan dengan 29,4% setahun sebelumnya. Jumlah ini turun dari 13,2 juta perokok menjadi 12,2 juta selama periode tersebut.

Penurunan tersebut mungkin disebabkan oleh langkah-langkah anti-merokok yang beberapa tahun belakangan ini dikampanyekan di Perancis. Sebagaian penurunan merokok terjadi di kalangan remaja dan mereka yang berpenghasilan rendah.

Selama beberapa tahun terakhir, Perancis telah menambah gambar peringatan pada kemasan rokok, meningkatkan harga jual rokok, memberikan uang pengganti untuk orang yang menggunakan pengganti tembakai dan mengadakan kampanye seperti ‘bulan bebas tembakau nasional’.

(Baca juga: Paksa Anak 3 Tahun Merokok, Pria Saudi Ditangkap)

Menteri Kesehatan Perancis Agnès Buzyn khususnya menyambut baik penurunan jumlah perokok di antara mereka yang berpenghasilan rendah, mengatakan bahwa “tembakau adalah lintasan ketidaksetaraan, beratnya terutama pada yang paling dirugikan dan semakin memburuk”.

Sebuah studi dunia tahun lalu menemukan bahwa meskipun ada kebijakan pengendalian tembakau selama puluhan tahun, pertumbuhan penduduk berarti ada peningkatan jumlah perokok.

Di seluruh dunia, merokok menjadi penyebab satu dari 10 kematian, setengahnya hanya di empat negara – Cina, India, AS dan Rusia.

Sebuah analisis negara-demi-negara memperingatkan bahwa “epidemi merokok sedang diekspor dari dunia kaya ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah”.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan peringatan gambar khususnya terbukti membantu orang berhenti merokok.

# Satu Juta Perokok Di Perancis Berhenti Merokok Dalam Setahun (rsn-reinha)

  • 7
    Shares