AS Akan Mendirikan Angkatan Bersenjata Luar Angkasa

AS Akan Mendirikan Angkatan Bersenjata Luar Angkasa

BBC

REINHA.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah memerintahkan militer AS untuk mementuk cabang keenam dari angkatan bersenjata AS, yaitu Space Force atau angkatan bersenjata luar angkasa.

Pada hari Senin, 18 Juni 2018, Trump mengatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan keamanan nasional dan ekonomi dengan penciptaan lapangan kerja baru.

“Tidak cukup hanya dengan kehadiran Amerika Serikat di luar angkasa. Kita harus memiliki dominasi di luar angkasa” kata Trump di Gedung Putih.

Dia juga berjanji bahwa AS akan “mengembalikan Amerika ke Bulan” dan pada akhirnya akan mengirim orang Amerika ke Mars.

“Saya dengan ini mengarahkan Departemen Pertahanan dan Pentagon untuk segera memulai proses yang diperlukan untuk membentuk kekuatan luar angkasa sebagai cabang keenam angkatan bersenjata” kata Trump, beberapa saat setelah dia membahas pendekatan AS dan Jerman untuk imigrasi.

Dia juga mengatakan tidak akan diterima untuk membiarkan China atau Rusia memimpin di luar angkasa, dan dia akan mengarahkan agen-agen federal untuk “menerapkan kerangka state-of-the-art untuk manajemen lalu lintas luar angkasa”.

(Baca juga: Satelit Luar Angkasa China Jatuh Di Pasifik Selatan)

Detail tentang bagaimana gaya luar angkasa baru akan terlihat dan apa yang akan dilakukannya belum disebutkan dengan jelas. Namun, Trump mengatakan akan “terpisah tetapi setara” dengan Angkatan Udara. Cabang militer AS lainnya adalah Angkatan Darat, Angkatan Laut, Penjaga Pantai, dan Korps Marinir.

Kongres AS akan diperlukan untuk mengeluarkan undang-undang yang menguasainya sebelum cabang militer baru dapat dibuat.

Berbicara sebelum pertemuan dengan National Space Council, Trump mengatakan, “Kali ini, kami akan melakukan lebih dari menanam bendera kami dan meninggalkan jejak kaki kami. Kami akan membangun kehadiran jangka panjang, memperluas ekonomi kami, dan membangun landasan untuk misi ke Mars”

Trump juga mengatakan bahwa Administrasi Trump juga akan merangkul industri ruang angkasa komersial, dengan mengizinkan “orang-orang kaya” Amerika menggunakan real estat AS untuk meluncurkan roket mereka.

# AS Akan Mendirikan Angkatan Bersenjata Luar Angkasa (rsn-reinha)

  • 4
    Shares