KCNA: Trump Dan Kim Akan Membahas Perdamaian Abadi

KCNA: Trump Dan Kim Akan Membahas Perdamaian Abadi

© Kim Hong-Ji / Reuters

REINHA.com – Poin kunci yang diharapkan dalam agenda pertemuan yang banyak diantisipasi antara Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump telah diresmikan oleh KCNA, kantor berita negara Korea Utara, pada hari Senin, 11 Juni 2018.

KCNA menkonfirmasi bahwa pemimpin Korea Utara dan pemimpin Amerika Serikat akan membahas perdamaian abadi. Pyongyang mengatakan, mereka berharap untuk memulai ‘lembaran baru’ dengan AS.

Seperti yang diharapkan secara luas, kedua pemimpin akan membahas masalah denuklirisasi, sebuah konsep yang dikhawatirkan akan menjadi batu sandungan utama dalam perjalanan menuju terobosan diplomatik.

KCNA mengatakan bahwa selama pembicaraan “masalah membangun mekanisme pemeliharaan perdamaian yang abadi dan tahan lama” di semenanjung Korea akan menjadi salah satu prioritas utama.

Dilaporkan bulan lalu bahwa Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mungkin bergabung dalam pembicaraan antara Kim dan Trump jika pertemuan mereka di Singapura terbukti berhasil.

Moon kemudian mengusulkan pertemuan tri-lateral untuk mengakhiri secara resmi perang Korea setelah pertemuan. Sementara permusuhan antar Korea telah berakhir dengan gencatan senjata pada tahun 1953, hingga saat ini belum ada perjanjian damai yang ditandatangani.

(Baca juga: Pembawa Berita Fox Sebut Trump Dan Kim “Dua Diktator”)

Selain memecah kebuntuan selama setahun pada perundingan nuklir, Pyongyang juga melihat peningkatan menyeluruh hubungan bilateral AS-Korea Utara dan isu-isu lain yang menjadi perhatian bersama sebagaimana disyaratkan oleh perubahan era, KCNA melaporkan.

KCNA juga menambahkan bahwa delegasi akan berbagi “pandangan luas dan mendalam tentang masalah pembentukan hubungan baru antara Korea Utara dan AS”.

Kedua pemimpin negara tersebut saat ini telah berada di Singapura, bersiap-siap untuk menghadiri pertemuan yang akan diselenggarakan pada hari Selasa, 12 Juni 2018, di Capella Hotel, Pulau Sentosa, Singapura.

# KCNA: Trump Dan Kim Akan Membahas Perdamaian Abadi (rsn-reinha)

  • 10
    Shares