Pemilu Turki, Erdogan Menang Hanya Dalam 1 Putaran

Pemilu Turki, Erdogan Menang Hanya Dalam 1 Putaran

Getty Images

REINHA.com – Pemimpin terdahulu Turki, Recep Tayyip Erdogan, kembali memenangkan jabatan yang telah didudukinya selama lima tahun terakhir. Sepertinya tidak butuh usaha besar untuk memenangkan pemilu kali ini, Erdogan menang telak hanya dalam 1 putaran.

Erdogan meraih suara 53% setelah hampir semua suara dihitung. Beliau mengalahkan lima kandidat lainnya. Saingan terberatnya, Muharrem Ince, meraih suara 31%.

Sementara Erdogan mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap penduduk Turki yang mencintainya dan menginginkannya kembali memimpin, Muharrem Ince mengatakan bahwa segala sesuatu tentang pemungutan suara itu tidak adil.

Namun dia mengatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil resmi dan hitungan partainya, dan karena itu dia akan menerima apapun hasilnya.

Hasil akhir dari perhitungan suara akan diumumkan pada hari Jumat, 29 Juni 2018.

(Baca juga: Erdogan: Turki Tidak Membeli S-400 Dari Rusia Untuk Disimpan)

Selama kepemimpinan terdahulu, Erdogan berhasil membangun ekonomi yang kuat dan membangun basis dukungan yang solid dengan berinvestasi di bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

Namun pria berusia 64 tahun itu juga telah memusingkan pendapat, menindak para lawan dan menempatkan sekitar 160.000 orang di penjara.

Erdogan memberikan pidato kemenangan kemenangan dari balkon markas partainya di ibukota Ankara pada 03:00 waktu setempat, menyatakan: “Pemenang dalam pemilihan ini adalah masing-masing dan setiap individu di antara 81 juta warga saya”

# Pemilu Turki, Erdogan Menang Hanya Dalam 1 Putaran (rsn-reinha)