Peneliti Temukan Ilustrasi Kakatua Tertua Dalam Buku Eropa Abad Ke-13

Peneliti Temukan Ilustrasi Kakatua Tertua Dalam Buku Eropa Abad Ke-13

BIBLIOTECA APOSTOLICA VATICANA

REINHA.com – Para peneliti telah menemukan ilustrasi burung Kakatua tertua dalam naskah Eropa yang berasal dari abad ke-13. Burung Kakatua itu merupakan ras Australasia, ras Kakatua tertua yang dibawa oleh pedagang kemudian berhabitat di Eropa.

Empat gambar burung putih ditemukan dalam sebuah buku falconry yang pernah dimiliki oleh Kaisar Romawi Suci Frederick II. Buku ini sekarang ada di Perpustakaan Vatikan.

Para peneliti mengatakan gambar-gambar dalam buku itu, bertanggal antara 1241-1248, memberikan wawasan tentang rute perdagangan abad pertengahan.

“Fakta bahwa seekor burung kakaktua mencapai Sisilia selama abad ke-13 menunjukkan bahwa pedagang yang berdagang di utara Australia adalah bagian dari jaringan yang berkembang yang mencapai barat ke Timur Tengah dan seterusnya” kata rekan penulis Dr Heather Dalton, dari Universitas Melbourne.

Burung itu adalah burung kakatua jambul kuning atau triton, katanya, artinya kemungkinan besar berasal dari Australia bagian utara, Papua Nugini, atau pulau-pulau di luar Indonesia.

(Baca juga: Burung Laut Ditemukan Mati Kelaparan, Perutnya Dipenuhi Plastik)

Dr Dalton dan tim sarjana Finlandia mempelajari buku berbahasa Latin De Arte Venandi cum Avibus (Seni Berburu dengan Burung). Di dalam buku ini ada lebih dari 900 gambar burung dan hewan yang disimpan oleh Frederick II di istana-istananya.

Penjelasan dalam bahasa Latin di samping salah satu satu gambar mengidentifikasi Kakatua sebagai hadiah dari sultan dinasti Ayyubiyah, yang berpusat di Mesir.

“Para cendekiawan, termasuk saya, tahu bahwa sultan telah memberikan seekor burung nuri putih kepada Frederick II, tetapi sedikit yang tahu bahwa ada gambar burung Kakatua yang selamat” kata Dr Dalton.

Dr Dalton mengatakan dia percaya bahwa Kakatua diambil dari habitat aslinya ke Sisilia melalui Kairo dalam perjalanan yang berlangsung beberapa tahun. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Parergon.

Sebelumnya, penggambaran burung Kakatua tertua di Eropa yang diketahui adalah karya seni tahun 1496 oleh pelukis Italia, Andrea Mantegna.

# Peneliti Temukan Ilustrasi Kakatua Tertua Dalam Buku Eropa Abad Ke-13 (rsn-reinha)