RemoveDebris, Misi Untuk Membersihkan Sampah Di Luar Angkasa

RemoveDebris, Misi Untuk Membersihkan Sampah Di Luar Angkasa

Twitter @astro_ricky

REINHA.com – Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) telah meluncurkan satelit kecil dengan berat hanya 100 kg yang diberi nama RemoveDebris. RemoveDebris memang berukuran sangat kecil, namun satelit ini memiliki misi besar untuk membersihkan sampah luar angkasa yang melayang di sekitar Bumi.

RemoveDebris memiliki kegunaan untuk menguji coba teknologi yang suatu hari nanti dapat digunakan untuk membersihkan sampah yang mengorbit di sekitar planet Bumi.

Satelit ini akan membawa jaring untuk menjebak objek, dan tombak yang akan menembak pada target untuk membuktikan proyektil tersebut dapat digunakan secara efektif dalam kondisi tanpa bobot.

Dengan berat 100 kg, RemoveDebris sebenarnya adalah yang terbesar yang pernah dirilis dari ISS.

Waktu untuk peluncurannya minggu lalu dipilih dengan sangat hati-hati sehingga pesawat ruang angkasa tersebut akan segera terbang di atas stasiun kontrolnya di Guildford, Inggris bagian selatan.

(Baca juga: Teleskop Baru Inggris Diberi Nama Astronom Wanita Pertama)

RemoveDebris akan menjalani beberapa minggu uji coba sebelum memulai eksperimennya.

Proyek RemoveDebris memiliki kepemimpinan ilmiahnya di Surrey Space Center, University of Surrey, dan dirakit di Surrey Satellite Technology Ltd.

Misi tersebut memiliki masukan teknis dari seluruh Eropa, dan Komisi Eropa lah yang telah membayar setengah dari total biaya sebesar € 15 juta.

Saat ini ada sekitar 7.500 ton sampah ruang angkasa tua yang berputar di atas Bumi. Sampah ini termasuk rongsokan roket lama, bit yang jatuh dari satelit, bintik-bintik cat, bahkan benda-benda yang dijatuhkan oleh astronot saat berada di luar angkasa.

Kekhawatirannya adalah bahwa materi ini menjadi sangat melimpah sehingga dapat menimbulkan bahaya tabrakan terhadap misi operasional yang menyediakan layanan penting, seperti telekomunikasi dan pemantauan lingkungan.

RemoveDebris dirancang untuk menguji metode pembersihan yang relatif sederhana dan dengan biaya rendah. Misi lain akan mencoba alternatif, termasuk lengan robot yang menjangkau dan mengambil sampah. Tetapi pendekatan semacam ini sangat rumit dan karenanya jauh lebih mahal untuk diterapkan.

# RemoveDebris, Misi Untuk Membersihkan Sampah Di Luar Angkasa (rsn-reinha)