Satu Tahun Terbebas Dari ISIS, Angelina Jolie Kunjungi Mosul

Satu Tahun Terbebas Dari ISIS, Angelina Jolie Kunjungi Mosul

© UNHCR / Andrew McConnell / Reuters

REINHA.com – Hampir satu tahun setelah kota Mosul, Irak, dinyatakan terbebas dari kekuasaan kelompok teroris ISIS, bintang Hollywood yang saat ini menjadi Utusan Khusus untuk Komisaris Tinggi Pengungsi UNHCR, Angelina Jolie, datang mengunjungi Mosul.

Berjalan di tengah reruntuhan kota Mosul, Jolie mengatakan bahwa bau mayat yang terkubur di bawah reruntuhan masih tercium. Meskipun ini adalah perjalanan kelima Jolie ke Irak, kehancuran yang mengerikan yang dia saksikan di Kota Tua kali ini benar-benar menghancurkan hatinya.

“Ada mayat yang tertinggal di reruntuhan ini dan Anda dapat mencium aroma mayat. Dan beberapa dari mayat-mayat itu memiliki anggota keluarga yang ada di sini dan mereka tidak dapat memindahkannya” ucap Jolie, setelah menjelajahi reruntuhan Mosul.

Berjalan di sekitar jalan-jalan sempit di pusat kota, benar-benar hancur oleh artileri dan serangan udara, pemenang Oscar berusia 43 tahun menyebutnya “kehancuran terburuk” yang dilihatnya selama 17 tahun mewakili UNHCR di seluruh dunia.

“Ini adalah kehancuran terburuk yang pernah saya lihat selama bertahun-tahun dengan UNHCR. Orang-orang ini telah kehilangan segalanya dan trauma dan kehilangan yang mereka derita tak tertandingi” kata Jolie.

(Baca juga: Seperempat Warga Mosul Tewas Dalam Serangan Udara)

Sejak Mosul direbut kembali setelah pemboman besar-besaran dan pertempuran dari jalan ke jalan yang intensif untuk mengusir teroris ISIS, penduduk setempat tidak menerima bantuan untuk membangun kembali kota.

Mortir-mortir yang tidak meledak dan bahan peledak lainnya masih mengotori jalan-jalan, sementara orang-orang kekurangan fasilitas dan infrastruktur medis dasar. Kondisi yang disaksikan oleh aktris di Mosul Barat hanya “mengerikan.”

“Perpindahan masih terjadi. Kamp-kamp di dekat kota masih penuh. Seluruh area Mosul Barat tetap rata. Mengaktifkan orang untuk kembali dan menstabilkan kota adalah penting untuk stabilitas Irak dan wilayah di masa depan” kata Jolie, dalam sebuah pernyataan.

Setelah Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengumumkan bahwa kota itu dibebaskan pada bulan Juli 2017, pemerintah hanya melakukan sedikit, dan menerima dukungan lebih sedikit dari sekutu-sekutunya, untuk merekonstruksi kota yang dulu berkembang.

Diperkirakan 90 persen Mosul Barat, di mana bagian sejarah kota itu berada, hancur atau rusak parah selama sembilan bulan pengepungan oleh pasukan Irak, yang didukung oleh koalisi pimpinan AS.

Diperkirakan membutuhkan sekitar $ 88 miliar untuk membangun kembali negara itu. Jumlah dana yang tidak dimiliki oleh pemerintah dan para mitra Barat enggan memberikannya.

“Saya menyerukan kepada komunitas internasional untuk tidak melupakan Mosul, dan tidak mengalihkan perhatian mereka dari penduduk Mosul” kata Jolie.

# Satu Tahun Terbebas Dari ISIS, Angelina Jolie Kunjungi Mosul (rsn-reinha)