Uni Eropa Mulai Berlakukan ‘Tarif Pembalasan’ Atas Barang AS

Uni Eropa Mulai Berlakukan ‘Tarif Pembalasan’ Atas Barang AS

Jean-Claude Juncker and Donald Trump / Getty Images

REINHA.com – Uni Eropa telah memperkenalkan ‘tarif pembalasan’ atas barang-barang Amerika Serikat. Ini merupakan serangan baru terhadap kebijakan perdagangan yang dikeluarkan oleh Presiden Donald Trump.

Sebagian besar barang AS yang ditargetkan oleh Uni Eropa, seperti tembakau, sepeda motor Harley Davidson, cranberry dan selai kacang, akan dikenakan tarif 25%.

Namun mulai hari Jumat, 22 Juni 2018, tarif sudah mulai diberlakukan terhadap barang AS senilai € 2,8 Miliar pada produk seperti wiski bourbon, sepeda motor dan minuman kemasan.

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan tarif yang dibebankan oleh AS pada UE bertentangan dengan “semua logika dan sejarah”.

Administrasi Trump mengumumkan pada Maret lalu bahwa AS akan memperkenalkan tarif 25% pada baja dan 10% pada aluminium yang diimpor ke AS.

Tarif yang dikenakan pada baja dan aluminium mulai berlangsung pada tanggal 1 Juni dan mempengaruhi Uni Eropa, Kanada, Meksiko dan sekutu dekat AS lainnya.

(Baca juga: Trump Mengancam Kenakan Tarif Tambahan Terhadap Impor China)

Juncker, yang sebelumnya mengkritik langkah itu, mengatakan pada hari Kamis: “Ini bertentangan dengan semua logika dan sejarah. Tanggapan kami harus jelas tetapi terukur”

“Kami akan melakukan apa yang harus kami lakukan untuk menyeimbangkan dan menjaga Uni Eropa” lanjut Juncker.

Penetapan tarif pembalasan itu diberlakukan sebagai efek ketegangan atas perdagangan antara AS dan China.

Awal pekan ini, Trump mengancam akan memberlakukan 10% tarif tambahan terhadap barang China senilai $ 200 miliar jika China “menolak untuk mengubah praktiknya”.

Namun, China menuduh AS melakukan tindakan “tekanan dan pemerasan ekstrim” dan mengatakan akan menanggapi dengan “penanggulangan yang kuat”.

# Uni Eropa Mulai Berlakukan ‘Tarif Pembalasan’ Atas Barang AS (rsn-reinha)