Peneliti Temukan Bukti Adanya Danau ‘Cair’ Di Mars

Peneliti Temukan Bukti Adanya Danau ‘Cair’ Di Mars

SCIENCE PHOTO LIBRARY

REINHA.com – Para peneliti sebelumnya telah menemukan kemungkinan adanya tanda-tanda air cair yang mengalir di permukaan planet Mars. Namun kini ilmuwan NASA telah menemukan bukti yang menunjukkan pernah ada air mengalir di permukaan Mars di masa lalu.

Apa yang mereka yakini sebagai sebuah danau yang berada di bawah lapisan es kutub selatan di planet tersebut, dan berjarak sekitar 20 km (12 mil). Ini adalah tanda pertama yang menunjukkan bahwa ada air cair yang terus-menerus mengalir di Mars.

Penemuan ini ditemukan menggunakan Marsis, alat radar di atas pengorbit Ekspres Planet Esa (Esa) Mars Eropa. Tempat tidur danau seperti yang dieksplorasi oleh Nasa’s Curiosity rover menunjukkan air hadir di permukaan Mars di masa lalu.

Namun, iklim planet ini telah mendingin karena atmosfernya yang tipis, membuat sebagian besar airnya terkurung dalam es.

(Baca juga: NASA Akan Mengirimkan Helikopter Ke Mars)

Hasilnya sangat menarik karena para ilmuwan telah lama mencari tanda-tanda air yang layak minum saat ini di Mars, tetapi temuan ini menghasilkan temuan ambigu. Ini juga akan menarik mereka yang mempelajari kemungkinan untuk kehidupan di luar Bumi.

“Ini mungkin bukan danau yang sangat besar,” kata Prof Roberto Orosei dari Institut Nasional Italia untuk Astrofisika, yang memimpin penelitian.

Marsis tidak dapat menentukan seberapa tebal lapisan air, tetapi tim peneliti memperkirakan bahwa setidaknya ada aliran air dengan ketinggian satu meter.

“Ini benar-benar memenuhi syarat sebagai badan air. Sebuah danau, bukan semacam air lelehan yang mengisi ruang antara batu dan es, seperti yang terjadi di gletser tertentu di Bumi,” tambah Prof Orosei.

# Peneliti Temukan Bukti Adanya Danau ‘Cair’ Di Mars (rsn-reinha)