Rugi Besar, Investor Ingin Zuckerberg Tidak Terlalu Berkuasa Di Facebook

Rugi Besar, Investor Ingin Zuckerberg Tidak Terlalu Berkuasa Di Facebook

Mark Zuckerberg – RT

REINHA.com – Pimpinan dan CEO Facebook Mark Zuckerberg mengalami hari yang sangat buruk. Pada hari Kamis, dia kehilangan $ 17 Miliar dari kekayaannya dimana saham Facebook merosot hampir 20 persen dan sekarang beberapa pemegang saham ingin pengaruhnya terhadap perusahan berkurang.

Dikutip dari RT, uang yang hilang dari CEO Facebook hanya seperlima dari kekayaan bersihnya, yang telah jatuh hingga $ 70 Miliar. Zuckerberg juga telah meluncur ke tempat keenam dari tempat ketiga di Bloomberg Billionares Index. Facebook mengalami kehancuran terbesar dalam satu hari dalam sejarah pasar saham AS sebesar $ 119 Miliar, sehari setelah eksekutif meramalkan tahun margin laba yang lebih rendah.

(Baca juga: Iklan Film Horor Di YouTube Membuat Anak-anak Tertekan)

Beberapa pemegang saham mengatakan Zuckerberg terlalu banyak memegang kekuasaan di perusahan. Perusahaan investasi, Trillium Asset Management, yang memiliki sekitar $ 11 juta dalam saham Facebook, mengusulkan untuk memecah peran Zuckerberg sebagai pimpinan sekaligus CEO, laporan Business Insider.

“Seorang CEO yang juga menjabat sebagai ketua dapat memberikan pengaruh yang berlebihan di dewan dan agendanya, melemahkan pengawasan dewan manajemen,” kata proposal itu.

(Baca juga: Pusing Saat Bangun Tidur Tingkatkan Risiko Demensia)

“Memisahkan kursi dan posisi CEO mengurangi konflik ini, dan kursi independen memberikan pemisahan kekuasaan yang paling jelas antara CEO dan anggota dewan lainnya.”

Pemotongan pengaruh Zuckerberg di Facebook sebelumnya telah ditolak oleh pemegang saham.

Struktur pemegang saham ganda memberikan 60 persen hak suara kepada Zuckerberg. Para pemegang saham eksternal tidak memiliki kekuatan untuk memaksakan perubahan di perusahaan.

# Rugi Besar, Investor Ingin Zuckerberg Tidak Terlalu Berkuasa Di Facebook