Sejak 32 Tahun Kejuaraan Dunia U20 IAAF, Zohri Buat Sejarah Baru Untuk Indonesia

Sejak 32 Tahun Kejuaraan Dunia U20 IAAF, Zohri Buat Sejarah Baru Untuk Indonesia

@IAAF

REINHA.com – Lalu Muhammad Zohri menjadi orang Indonesia pertama yang memenangkan medali apa pun di kejuaraan dunia lomba lari 100 meter. Zohri juga membuktikan bahwa dirinya dan Indonesia tidak bisa diabaikan dan dipandang sebelah mata dalam kejuaran tersebut.

Dalam 32 tahun sejarah Kejuaraan Dunia U20 IAAF, penampilan terbaik seorang atlet Indonesia adalah finish kedelapan di 100m dalam tampilan perdana tahun 1986, tetapi itu semua berubah berkat kemenangan Zohri.

Pada malam yang sejuk dan berangin di Tampere, Finlandia, Zohri yang berusia 18 tahun melesat cepat bagaikan busur panah dan merebut emas di 10.18 (1.2m / detik) di depan duo USA Anthony Schwartz (10.22) dan Eric Harrison (10.22). Thembo Monareng dari Afrika Selatan berakhir di urutan keempat dengan catatan waktu 10,23, dan Dominic Ashwell Inggris tersungkur pada 10,25.

(Baca juga: Buat Sejarah Baru Untuk Indonesia, Berikut Beberapa Fakta Tentang Zohri)

Henrik Larsson dari Swedia, yang telah menetapkan rekor nasional U20 10,22 untuk memenangkan semi-finalnya, bisa menyelesaikan diposisi enam di 10,28.

Zohri datang ke acara itu sebagai entitas yang dihormati jauh dari rasa takut. Dia telah menjadi juara Asia U20 awal tahun ini dan menurunkan penampilan terbaik dengan catatan waktu 10,25 di Jakarta.

Sebelumnya beberapa orang memprediksikan Zohri finis kedua dari Anthony Schwartz AS di 10,24, dengan selisih 0,05 di belakang.

Namun prediksi itu salah, Zohri melesat cepat menjadi yang terdepan menciptakan sejarah baru bagi Indonesia.

“Aku akan berpesta malam ini!” Kata Zohri. “Saya sangat senang dengan catatan saya. Sekarang, saya akan mempersiapkan Asian Games bulan depan. Saya sangat bangga – ini adalah pengalaman yang luar biasa dan ini sangat bagus untuk karir saya. ”

# Sejak 32 Tahun Kejuaraan Dunia U20 IAAF, Zohri Buat Sejarah Baru Untuk Indonesia